Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs

Shodiqin, Muhammad Ali (2024) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada salah satu MTs di Kudus menjadikan dasar pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan pencapaian akhir dan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah quasy experimental design atau penelitian semu dengan pre-test post-test control group design. Teknik cluster random sampling digunakan untuk mengambil sampel penelitian ini. Sampel yang terpilih yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model PBL berbasis TPACK dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran model PBL. Siswa melakukan pretest dan posttest pemahamanan konsep matematis materi Statistika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil uji Independent Sample t-testterhadap nilai posttest didapatkan signifikansi 0.003 < 0.05, maka menolak H0. Oleh sebab itu, kemampuan akhir pemahaman konsep matematis siswa yang menerima model PBL berbasis TPACK lebih baik signifikansi dibandingkan siswa yang mendapat model PBL. 2) hasil uji Independent Sample t-testterhadap N-Gain menghasilkan skor yang signifikansi 0.003 < 0.05, maka menolak H0. Oleh sebab itu, peningkatan model pembelajaran PBL berbasis TPACK lebik baik secara signifikansi dibandingkan siswa yang mendapatkan model PBL. Hasil penelitian ini mengimplementasikan bahwa model PBL berbasis TPACK dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa MTs

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, TPACK, Pemahaman Konsep Matematis, Statistika
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:38
Last Modified: 08 Oct 2025 08:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

View Item View Item