Faqihudin, Ahmad Muzajjad (2020) Tathbiqul Baiatil 'Arabiyyati fi Ta'limil Lughohtil 'Arobiyyati fil Barnamiji Al Khos Li Ma'hadi Tahfidz Nurul Qur'an fil Madrasah Al 'Aliyah Al Hukumiyyati Al Wahid Bi Qudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (592kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI NEW.pdf Download (585kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (827kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (741kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (472kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
Lingkungan bahasa adalah salah satu cara ataupun strategi dalam memplajari bahasa asing. Program Asrama Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus adalah lembaga yang telah menggunakan lingkungan bahasa dalam mempelajarai bahasa Arab dengan baik. Setelah peneliti melakukan penelitian disana, peneliti melihat dan menemukan fakta bahwa disana telah menerapkan lingkungan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan, penerapan lingkungan bahasa disana terabgi menjadi dua yaitu, lingkungan bahasa resmi dan lingkungan bahasa non resmi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan lingkungan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan bentuk-bentuk lingkungan bahasa, mengetahui bentuk pelaksanaan lingkungan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab secara resmi dan non resmi, serta mengetahui apasaja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan lingkungan bahasa dalam mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa yang digunakan adalah analisis deskriptuf. Hasil dari penelitian ini adalah. 1) Bentuk lingkungan bahasa Arab di Pondok Tahfidz Nurul Qur’an Kudus terbagi menjadi dua bentuk yaitu, lingkungan bahasa Arab resmi dan lingkungan bahasa Arab non-resmi. Pelaksanaan lingkungan bahasa Arab di Pondok Tahfidz Nurul Qur’an dilaksanakan secara resmi dan non resmi. Resmi : dilaksanakan di kelas sesuai dengan jadwal resmi dari lembaga pendidikan. Non resmi : dilaksanakan di luar kelas maupun didalam kelas. 2) Dalam penerapan lingkungan bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Tahfidz Nurul Qur’an Kudus ada faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung : sebagian besar ustadz mahir berbicara bahasa Arab, keadaan santri-santri yang aman dan tidak terkontaminasi dari pengaruh luar pondok sehingga bahasa Arab berjalan dengan baik, peraturan pondok sangat mendukungn dengan adanya lingkungan bahasa Arab. 3) Faktor penghambat : Pemberian kosakata bahasa Arab tidak dapat dilaksanakan setiap hari karena ada hari yang digunakan untuk pembacaan tahlil yaitu hari kamis, Sebagian santri berbahasa tidak resmi secara bersembunyi-sembunyi, ada beberapa santri yang masih kurang percaya diri dalam menggunakan bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Bahasa, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 03:19 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 03:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4516 |
Actions (login required)
View Item |