Khomidah, Nur (2021) Fa'aliyah Thariqah Guided Note Taking (al Mulahadzats al Muwajjahah) li Tarqiyyah Kafaah Thullab fi Qowa'id al lughah al Arabiyyah fi al Fashl al Tsamin bi al Madrasah al Mutawassithah al Islamiyyah Roudlotul Ulum Bringin Wareng Winong Pati li al 'Am Dirasy 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (721kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (461kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (765kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (657kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam tata bahasa Arab sebelum menggunakan metode Guided Note Taking kelas VIII MTs. Roudlotul ‘Ulum Bringinwareng, Winong, Pati Tahun Ajaran 2020-2021 M dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam tata bahasa Arab sesudah menggunakan metode Guided Note Taking di kelas VIII MTs. Roudlotul ‘Ulum Bringinwareng, Winong, Pati Tahun Ajaran 2020-2021 M dan untuk mengetahui keefektivitasan metode Guided Note Taking untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap tata bahasa Arab.di kelas VIII MTs Roudlotul ‘Ulum Bringinwareng, Winong, Pati Tahun Ajaran 2020-2021 M. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pre-Eksperimental Designs, yaitu (One –Group Pretest-Posttest Design). Dalam penelitan ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data dengan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan siswa terhadap tata bahasa Arab sebelum menggunakan metode Guided Note Taking dapat diketahui dari hasil nilai pretest. Nilai pretest tertinggi yaitu 85, terendah adalah 50 dan rata-ratanya adalah 69,048. Ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “lemah”. (2) Kemampuan siswa terhadap tata bahasa Arab sesudah menggunakan metode Guided Note Taking dapat diketahui dari hasil nilai posttest. Nilai posttest tertinggi yaitu 100, terendah adalah 70 dan rata-ratanya adalah 85,238. Ini berarti bahwa kemampuan siswa terbilang “baik”. (3) Kemampuan siswa dalam tata bahasa Arab sesudah menggunakan metode Guided Note Taking kelas VIII MTs. Roudlotul ‘Ulum Bringinwareng, Winong, Pati Tahun Ajaran 2020-2021 mengalami peningkatan, hal ini diketahui dari peningkatan nilai rata-rata dari 69,048 menjadi 85,238. Adapun hasil uji T hitung 16,69/15,582 lebih besar dari T table dengan taraf signifikansi 5% yaitu 2,21. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Guided Note Taking. Maka dapat kita ketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Guided Note Taking efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam tata bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Guided Note Taking; Metode Ceramah; Tata Bahasa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 04:17 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 04:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |