Musykilat Ta'liim Al lughoh Al 'Arobiyah 'Abar Al Internet Fii Al madrasah Ats-Tsnawiyah Al Islamiyah Wali Songo Jepara Al Sanah Ad dirasiyah 2020/2021 M

Aini, Faza Nurul (2020) Musykilat Ta'liim Al lughoh Al 'Arobiyah 'Abar Al Internet Fii Al madrasah Ats-Tsnawiyah Al Islamiyah Wali Songo Jepara Al Sanah Ad dirasiyah 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (817kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5 BAB 11.pdf

Download (803kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (407kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara. (2) Mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara. (3) Mengetahui solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X dan XI Madrasah Aliyah Walisongo Jepara tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, proses pembelajaran bahasa Arab daring di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara dilakukan dengan menggunakan media wahtasapp grup. Adapun langkah-langkah dalam proses pembelajaran bahasa Arab daring di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara adalah: a) guru memberikan salam, menanyakan kabar, dan mengabsen kehadiran siswa dalam pembelajaran bahasa Arabyang dilakukan secara daring. b) guru memberikan ulasan materi dari lembar kerja siswa, internet, buku paket, dan sumber belajar lainnya yang harus dikerjakan ileh siswa. c) siswa menanggapi penjelasan guru di grup whatsapp saat jam pelajaran berlangsung. d) guru memberikan tugas tambahan pada siswa dan dikumpulkan kepada guru bahasa Arav melalui whatsapp peibadi dengan batas waktu satu minggu. Kedua, problematika pembelajaran bahasa Arab daring di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara dikategorikan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu latar belakang siswa, kurangnya minat dan motivasi, dan keaktifan siswa serta kurangnya penguasaan mufrodat siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu siswa tidak memahami arahan tugas dari guru dan tempat tinggal siswa. Ketiga, solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab daring di Madrasah Aliyah Walisongo Jepara adalah siswa bertanya langsung pada guru, siswa meminta bantuan pada teman, siswa mengerjakan tugas disela-sela pembelajaran daring berlangsung, siswa mengajak teman bermain sehari-hari untuk membantu mengerjakan tugasnya, siswa menerjemahkan teks bahasa arab yang ada dalam sumber-sumber belajar yang disediakan oleh guru, melakukan pendekatan secara pribadi melalui daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problematika pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab daring, whatssapp
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2021 01:40
Last Modified: 09 Jul 2021 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item