Afifuddin, Rifqi (2021) Istikhdam Kitab Durus al Lughah Al Arabiyyah 'ala Thariqah al Hadits li Ta'lim al Lughah al 'Arabiyyah bi Ma'had al Aqsha al Hadits li Tahfidz al Qur'an Klumpit Gebog Kudus 'am al Dirasiyyah 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (481kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (915kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, dokumentasi, dan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengunaan kitab Durusullughoh Al-Arobiyah ‘Ala Thoiqotil Hadisah pada siswa kelas VII Pondok Moderen Tahfidh Al Aqsho Klumpit Gebog Kudus tahun ajaran 2020/2021, bagaimana proses pengunaannya dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dan bagaimana cara atau upaya dalam mengatasi faktor faktor tersebut. Subjek penelitian ini dilakukan di Pondok Moderen Tahfidh Al Aqsho Klumpit Gebog Kudus, yang melibatkan ustadz-ustadz pondok, terutama pengasuh, koordinator tahfidz dan bahasa, guru mata pelajaran bahasa Arab, dan para siswa pondok tersebut. Hasilnya adalah banyak faktor penghambat yang terjadi dalam proses penggunaan kitab Durusullughoh Al-Arobiyah Ala Thoiqotil Hadisah, yang paling terlihat adalah dari latar belakang siswa yang datang dari SD, serta kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki oleh para siswa, sehingga cara mengatasinya yaitu dengan mengulang ulang pelajaran, serta menyandingkannya dengan teman yang pandai bahasa arab. Adapun cara mengatasi kurangnya penguasaan kosa kata yaitu dengan menambah pembelajaran diluar kelas. Selain faktor penghambat dari siswa, juga terdapat faktor lain, yaitu dari guru itu sendiri dengan tidak ditemukannya perangkat pembelajaran berupa RPP, dan cara mengatasinya dengan diadakan worskop khusus bagi guru. Dan juga ditemukan faktor penghambat lainnya yaitu belum adanya media pembelajaran seperti proyektor dan LCD, dan hal ini bisa diatasi dengan menyiapkan anggaran dana untuk menambah sarana dan prasarana sehingga pembelajaran bahasa arab dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan; Kitab Durus al Lughah al Arabiyyah; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 07:55 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 07:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4772 |
Actions (login required)
View Item |