Said, Moh Umar (2019) Tatwir wasilah al ta’limiyah la’ibat al qamus al muasasah mawlatay madiya al 'iitishaliyah bawrbuint fii ta’lim al lughah al ‘aarabiyah bi al madrasah al mutawasithah nawa kartika. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
التغطية البحث.pdf Download (1MB) |
|
Text
ملخص البحث.pdf Download (342kB) |
|
Text
محتويات البحث.pdf Download (380kB) |
|
Text
الباب الأول.pdf Download (284kB) |
|
Text
الباب الثاني.pdf Download (595kB) |
|
Text
الباب الثالث.pdf Download (429kB) |
|
Text
الباب الرابع.pdf Download (856kB) |
|
Text
الباب الخامس.pdf Download (286kB) |
|
Text
المصادر والمراجع.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint, mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint dan mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 33 siswa kelas VIII sebagai subjek ujicoba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berupa kuisioner yang harus diisi oleh guru dan siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Sebelum diujicobakan, media pembelajaran melalui tahap validasi media dan validasi materi oleh ahli media dan ahli materi. Data yang diperoleh melalui instrumen penilaian pada saat uji coba dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif, Data yang terkumpul melalui angket dianalisis dengan statistik deskriptif diproses dengan cara dijumlahkan, dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan dan diperoleh persentase. Hasil penelitian ini adalah media interaktif powerpoint pembelajaran kamus yang dikemas dalam bentuk CD (compact disc). Tahapan dalam pengembangan media ini yaitu (1) Pengumpulan data awal, (2) Pengembangan produk, (3) Validasi ahli materi dan ahli media, (4) Revisi, (5) Uji coba produk, (6) Analisis data dan (7) Revisi produk akhir. Hasil penelitian ini terdiri dari dua aspek yaitu kualitas media dan tanggapan pengguna. Pada aspek kualitas media, penilaian dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Pada aspek tanggapan pengguna penilaian dilakukan oleh guru dan siswa. Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 63%. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90%. Penilaian oleh guru mata pelajaran mendapatkan persentase sebesar 83%. Penilaian oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 65,5%. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah sebesar 75%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran “Lu’batul Qomus” ini sudah sesuai dengan kriteria pernainan bahasa yang baik, dilihat dari aspek materi dan desain, yang dilakukan oleh ahli pembelajaran dan media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran, Powerpoint, Interaktif, Kamus |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5437 |
Actions (login required)
View Item |