Chanafi, Achmad (2019) Fa’aaliyah istikhdam bithaqah al wamdhiyah (flash card) litarqiyah isti’ab al mufradat fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah ladaay at thulaab al fashl al tsaamin bimadrasah manba’ul ‘ulum al mutawasithah al islamiyah Gondosari Gebog Qudus bisanah al dirasiyah 2018/ 2019 (dirasah shibh tajribiatin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (882kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (855kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (990kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (844kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (735kB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa asing, sehingga ada banyak masalah yang terjadi dalam proses pengajaran bahasa Arab di negara kita, dan dari problematika pembelajarn yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran bahasa arab, diantaranya ialah siswa belum mengetahui dengan jelas tujuan pembelajarannya, dan mereka selalu merasa bahwa bahasa arab itu sulit, sehingga mereka tidak mau belajar, terutama belajar kosa-kata bahasa arab, sehingga kosa kata bahasa arab mereka tidak bertambah. Hal ini membutuhkan media pembelajaran yang sesuai untuk siswa, dan salah satu medianya adalah flash card. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. 2). Untuk mengetahui aada tidaknya Evektivitas penggunaan media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan test yang diajukan kepada responden dengan sampel sebanyak 52 peserta didik dengan teknik porposive sampling. Teknik yang digunakan untuk menguju hipotesis adalah uji reliabilitas, normalitas, homogenitas kemudian uji statistik menggunakan uji komparatif dua sampel. Adapun hasil penelitian ini : adanya Evektivitas Penggunaan Media Flash Card dalam pembelajaran bahasa arab terhadap peningkatan penguasaan kosakata pada kelompok yang menggunakan media tersebut dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan media pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyan Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan uji koefisien diperoleh dengan nilai t hitung sebesar 21,372 dibandingkan dengan ttabel untuk taraf signifikasi 5% dengan nilai 2,060 thitung>ttabel (21,372>2,060) ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media flash card, penguasaan kosakata |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 02:15 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 01:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5549 |
Actions (login required)
View Item |