Istiratijiyyah Al-mu'allim litaqlili al qalqi at thullab fi ta'lim al lughah al- 'arabiyyah maharah al-kalam fashl al - 'ashar fi al-madrasah 'aliyah ibtidaul Falah Samirijo dawe Kudus

Damayanti, Silfia (2021) Istiratijiyyah Al-mu'allim litaqlili al qalqi at thullab fi ta'lim al lughah al- 'arabiyyah maharah al-kalam fashl al - 'ashar fi al-madrasah 'aliyah ibtidaul Falah Samirijo dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (635kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (599kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui bentuk kecemasan yang dialami siswa dalam mengikuti pembelajaran Maharah Kalam bahasa Arab kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Ibtidaul falah, 2. Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecemasan siswa ketrampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Arab kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah, 3. Mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengurangi kecemasan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah. Subjek penelitiannya adalah guru bahasa arab, guru bimbingan konseling dan siswa di madrasah aliyah ibtidaul falah, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk mengetahui berbagai fenomena yang dialami oleh subyek penelitian berupa tingkah laku, persepsi, motivasi melalui proses yang panjang sesuai dengan prosedur penelitian yang telah ditemukan. Adapun dalam memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data-data yang konkret dan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kecemasan yang terjadi di dalam kelas di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah yaitu: 1) mengakibatkan gemetar, telapak tangan berkeringat, ketidak mampuan berbicara, serta rasa takut yang kadang-kadang dialami dalam tingkat yang berbeda-beda ketika menyatakan, memaparkan, menguraikan, hasil pikiran atau perkiraan dengan menghubungkan antara tanggapan, pengertian satu dengan yang lain yang dinyatakan dalam kalimat atau kata-kata. kecemasan siswa disebabkan karena bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dimengerti sehingga siswa banyak yang mengeluh karena merasa kesulitan untuk memahami arti-arti kosakata bahasa Arab. Selain itu tuntutan untuk mendapat nilai yang baik oleh orang tua dan guru juga menjadi penyebab kecemasan dalam pembelajaran Maharah Kalam bahasa Arab. 2) Faktor yang melatar belakangi kecemasan siswa dalam pembelajaran Maharah Kalam bahasa Arab adalah faktor individu, faktor intelektual, dan faktor lingkungan siswa. Untuk menghindari adanya kecemasan, guru mengelola kecemasan siswa terhadap pembelajaran Maharah Kalam bahasa Arab dengan memberikan penjelasan yang rasional kepada siswa mengapa mereka harus belajar bahasa Arab. 3) Strategi guru mengurangi kecemasan siswa dalam pemelajaran bahasa arab maharah kalam dengan cara Guru menciptakan suasana belajar santai dan menyenangkan, menggunakan psikoterapi jenis suportif, mengembangkan “sense of humor”, menggunakan pendekatan humanistik, mengoptimalkan pelayanan bimbingan konseling, mengembangkan sistem penilaian yang menyenangkan tidak terlalu membebani siswa, mengatur relaksasi pernafasan dan pikiran untuk membantu tubuh siswa menjadi rileks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kecemasan, Keterampilan kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:48
Last Modified: 01 Nov 2021 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item