Fitriyani, Lina Dewi (2022) Fa'aliyah istikhdam takniyah "storytelling pictures" Li tarkiyah maharatul kalam fi ta'lim al lughaht Al'arabiyah lada atthullab al fashl al tsamin fi al madrasah tsanawiyah tarbiyatul islamiyah 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (944kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (504kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (745kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (947kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (966kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (497kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti mengamati bahwa guru di Mts Tarbiyatul Islamiyah mengajarkan bahasa Arab tidak menggunakan teknik khusus dan tidak memakai sarana yang menarik, namun hanya terpaku pada membaca teks kemudian guru menyimak bacaan teks yang dibaca siswa. Oleh karena itu, siswa merasa kesulitan, seolah-olah pelajaran bahasa Arab adalah beban bagi mereka dan mereka tak berani berbicara bahasa Arab didepan kelas. Mereka tidak dapat mengungkapkan ide mereka secara langsung. Mereka juga merasa bosan saat belajar. Salah satu alasan dari permasalahan tersebut adalah guru tidak menggunakan sarana yang menarik selama berlangsungnya proses belajar dan tidak menggunakan media yang menarik. Adapun upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan teknik Storytelling Pictures untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penerapan teknik cerita gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Gembong, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah penerapan teknik cerita gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah Gembong, (3) Untuk mengetahui efektiv atau tidaknya peningkatan Maharah Kalam dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul islamiyah Gembong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan Quasi Eksperimen Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes yang diujikan pada responden dengan sample sebanyak 30 siswa. Pengambilan sample menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII dibagi dua kelompok yang dipilih secara random sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh (1) peningkatan maharah kalam dalam pembelajaran bahasa arab dengan teknik storytelling pictures berdasarkan hasil pretest pada kelas kontrol 66,07 dan posttest 71,33 hasil pre test pada kelas eksperimen 67,07 dan post test 86,60. (2) berdasarkan uji t-test, diketahui bahwa nilai (Sig) <0,05 yaitu 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa ada perbedaan pada peningkatan maharah kalam dalam pembelajaran Bahasa Arab pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Pembelajaran, Storytelling Pictures, Maharah Kalam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 03:04 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6840 |
Actions (login required)
View Item |