Ummah, Shofiyyatul (2022) Fa'aliyah astikhdam tariqah takhmin alkalimah ( Guess The Word ) litahsin nataij fii ta'lim al lughah al 'arabiyah ladaay thulaab al fashl al 'asyar bi al madrasah al tsanawiyah nahdhatul ulama' rawdatusibyan bi quds al 'am al dirasiy 2021-2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (546kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (549kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (728kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (841kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (780kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (772kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (523kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) |
Abstract
Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara evektif. Bahasa Arab memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajaran bahasa Arab dibutuhkan penguasaan mufrodat karena sangat penting sebagai dasar saat pembelajaran, sehingga pendidik mebutuhkan metode khusus dan mengajarkan kemampuan secara evektif. Maka peneliti menerapkan metode Guess The Word untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mufrodat peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2021-2022. Kemudian bertujuan untuk mengetahui proses implementasi metode Guess The Word untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2021-2022. Kemudian peneliti juga bertujuan untuk mengetahui evektifitas penggunaan metode Guess The Word sebelum dan sesudah untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Arab di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Ajaran 2021-2022. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistic. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melaui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T.test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat banyak peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Guess The Word antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest dengan materi hobi / kegemaran. Dari data tes dapat diketahui peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen (X IPS 1) dengan kelas kontrol (X IPS 2). Pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Guess The Word diperoleh nilai rata-rata dari pretest yaitu 54,65 dan nilai rat-rata posttest sebesar 79,96. Dan diperoleh thitung 13,328 dan ttabel 2,060. karena thitung > ttabel, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu Metode Guess The Word evektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di kelas X MA NU Raudlatus Shibyan Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evektivitas, Metode Guess The Word, dan Meningkatkan hasil belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7593 |
Actions (login required)
View Item |