Hani, Lutfia Noor (2022) Fa'aliyah Tariqah Learning Cell Litarqiyah Maharah Alkalam Laday Al Thulaab fii Al fashl Al Tsamin Al Madrasah Nahdatul Ulama' Ibtida'ul Falah Al Mutawasithah Al Islamiyah biquds Lil sanah Al dirasiyah 2021-2022M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (997kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (669kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (826kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (849kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (917kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (521kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
Abstract
Untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Arab dibutuhkan penggunaan metode yang sesuai, di antaranya metode learning cell. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar efektivitas metode Learning Cell dalam meningkatkan maharah kalam di MTs. NU Ibtidaul Falah Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran sel (X) sebagai variabel bebas dan maharah kalam (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. NU Ibtidaul Falah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dengan tujuan agar data yang diperoleh nantinya lebih representatif. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas VIII G sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII H sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes lisan. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dan uji Ngain. Hasil penelitian ini adalah pada perhitungan uji hipotesis yang menggunakan Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang mana sesuai dengan pengambilan keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, Metode Learning Cell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di Mts NU Ibtidaul Falah. Selain itu, Peningkatan keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode learning cell lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata pada perhitungan N-Gain pada kelas eskperimen sebesar 0,60 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,28 dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Learning Cell, Maharah Kalam | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 May 2023 02:24 | ||||||
Last Modified: | 12 May 2023 02:24 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9953 |
Actions (login required)
View Item |