استراتيجيات تعليم مهارة الكلام أثناء الوباء كوفيد-19 لطلاب المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية بقدس

Muhaimin, Faiqul (2023) استراتيجيات تعليم مهارة الكلام أثناء الوباء كوفيد-19 لطلاب المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية بقدس. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (786kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)

Abstract

Adapun Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran maharoh kalam pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Kudus (2) Untuk mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran maharoh kalam pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Kudus (3) untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran maharoh kalam pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualiatatif. Sedangkan Teknik dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Kudus menerapkan kebijakan pembelajaran menggunakan kurikulum darurat. Sistem kurikulum darurat ini dilakukan disemester 1, untuk alokasi waktu pembelajaran mengalami pengurangan. Yang awalnya untuk pembelajaran ini diberi alokasi 4 jam menjadi 2 jam. Dalam pengorganisasian pembelajaran maharah kalam ada 3 hal yang yang dilakukan guru yaitu mengorganisasi isi pembelajaran, mengorganisasi peserta didik dan mengorganisasi sistem pembelajaran. (2) Untuk penyampaian pembelajaran terdapat 3 hal yang dilakukan oleh guru yaitu media pembelajaran yang digunakan, jalinan interaksi dengan siswa dan bentuk pengajaran, Penggunaan strategi tersebut di masa pandemi dengan cara memanfaatkan tekhnologi aplikasi whatsapp dan google meet. Pemberian tugas untuk siswa hanya disuruh membuat percakapan secara monolog. (3) Adapun strategi pengelolaan pembelajaran maharah kalam di MAN 2 Kudus ada 3 klarifikasi, yaitu penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan siswa, pengelolaan motivasi dan kontrol belajar, Keempat hal tersebut pada masa pandemi covid-19 dilakukan secara daring semaksimal mungkin terutama pemberian motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, kalau di semester dua dilakukan secara tatap muka seperti pembelajaran sebelum adanya pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, ketrampilan berbicara,covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:14
Last Modified: 09 Jun 2023 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item