فعالية استخدام تقنيات الغناء في تحسين إتقان المفردات العربية لطلاّب الفصل الثامن في مدرسة نشر العلوم المتوسّطة بركاس كلامبو

Wardati, Kuntum Zahro (2023) فعالية استخدام تقنيات الغناء في تحسين إتقان المفردات العربية لطلاّب الفصل الثامن في مدرسة نشر العلوم المتوسّطة بركاس كلامبو. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (586kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifaan penggunaan teknik bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII Di MTs Nasyrul Ulum sebelum diberi perlakuan (treatment) dengan sesudah diberi perlakuan (treatment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII dengan jumlah sampel 30 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen pretest-posttest. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik ananlisis data uji t dan uji N-gain score. Berdasrkan hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar penguasaan kosakata posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 87.73 dan kelas kontrol dengan rata-rata 62.97. Data hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata hasil belajar penguasaan kosakata antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 24.76. Dan hasil uji N-Gain score diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori sedang dan rata- rata kelas kontrol sebesar 0,15 dengan kategori rendah. Hasil uji t-test yang taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil bahwa t_hitung >t_tabel. Karena t_hitung >t_tabel (21.098 > 0.2542) dengan sig <α = 5 % (0,00 <0,05), maka Ho ditolak Ha diterima, Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa data yang diperoleh terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan teknik bernyanyi terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dan teknik ini dapat dijadikan motivasi atau teknik alternative untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik bernyanyi, Penguasaan Kosakata
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:47
Last Modified: 28 Jul 2023 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item