Implementasi Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus 2022-2023.

Mahfudoh, Sifa (2023) Implementasi Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Pada Peserta Didik Kelas VII Di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus 2022-2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (541kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (772kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (973kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (637kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (739kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (531kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di kelas akan maksimal jika ditunjang dengan adanya kreatifitas guru dalam memberikan pembelajaran, kreatifitas pembelajaran bisa diolah menggunakan metode pembelajaran dan metode pembelajaran akan dapat terlaksana secara maksimal apabila disesuaikan dengan kebutuhsan siswa. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan metode bercerita yang di lakukan dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VII di MTs NU Matholibul Huda pada tahun 2022/2023, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerakan metode bercerita pada siswa kelas VII di MTs NU Matholibul Huda pada tahun 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi lapangan dan pendekatan kualitatif. sebagai metode untuk mengetahui dan menganalisis data yang ada di lapangan. Peneliti metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MTs NU Matholibul Huda. Adapun subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab dan Siswa. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa data yang diperoleh, yaitu: (1) penerapan metode bercerita dalam pembelajaran bahasa arab pada siswa kelas VII melalui beberapa hal diantaranya adalah perencanaan dan pelaksanaan. Dalam perencanaan, hal-hal yang disiapkan guru mata pelajaran adalah mempersiapkan buku ajar sesuai kurikulum sekolah, buku modul yang dijadikan guru pedoman pembelajaran serta susunan teks cerita Bahasa Arab. Dalam pelaksanaan, hal-hal yang penting dilakukan adalah interaksi antara siswa dan guru, penyiapan teks cerita bahasa dengan dialog bahasa arab dan media pembelajaran yang digunakan hanya laptop saja. (2) Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode bercerita pada pembelajaran bahasa Arab. Faktor pendukung diantaranya: guru yang profesional, metode bercerita menjadi pilihan metode yang lebih efektif untuk anak, bercerita dengan perlengkapan kostum. Faktor penghambat diantaranya: manajemen waktu didalam kelas yang belum tepat dengan guru. perbedaan kecerdasan siswa dan kemampuan siswa, peran orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Bahasa Arab, Maharah Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:16
Last Modified: 03 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item