تأثير التنظيم الذاتي للتعلم على مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الحادي عشر في مدرسة الحكمة الثانوية الإسلامية دماك للسنة الدراسية 2022/ 2023 م

Hariyanti, Rini (2023) تأثير التنظيم الذاتي للتعلم على مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل الحادي عشر في مدرسة الحكمة الثانوية الإسلامية دماك للسنة الدراسية 2022/ 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (806kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (421kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, mengungkapkan tentang Self Regulated Learning memiliki pengaruh dalam pembahasan yakni maharah kitabah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning terhadap maharah kitabah bahasa arab siswa kelas XI mengungkapkan bahwa self-regulated learning berpengaruh terhadap hasil belajar maharah kitabah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Unggulan Al-Hikmah Demak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (WSSRLQ) The Writing Strategies for Self Regulated Learning Questionnaires yang diciptakan oleh Lin Sophie Teng and Lawrence Jun Zhang dan tes maharah kitabah. Dalam penelitian mengambil populasi siswa kelas XI. Adapun teknik sampel yang digunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 28 siswa dijadikan sampel penelitian. Metodes analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Sederhana melihat pengaruhnya melelui uji t dan membandingkan nilai koefisien signifikasi dan determinasi. Hasil dari penelitian ini,menunjukkan bahwa variabel Self Regulated Learning (X) memliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel maharah kitabah (Y) siswa kelas XI Madrasah Aliyah Unggulan Al-Hikmah Demak dengan melihat hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 9,553 lebih besar darpada t tabel sebesar 2,056 atau taraf signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05 yang mana hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh Self Regulated Learning terhadap maharah kitabah cukup kuat yaitu sebesar 77,8% dan 22,2% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya. Semakin tinggi Self Regulated Learning yang dipunyai siswa akan membawa pengaruh yang tinggi juga hasil belajar maharah kitabahnya pada mata pelajaran bahasa Arab dan sebaliknya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Maharah Kitabah, Regresi
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:08
Last Modified: 10 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item