محاولات المعلّم في تنمية رغبة تعلم الّلغة العربيّة لدى الطلاب باستخدام المدخل الإنساني بالمدرسة الثانوية نهضة العلماء كمباغ جبارا العام الدراسي 2021/2022 م

Asyari, Hasan (2023) محاولات المعلّم في تنمية رغبة تعلم الّلغة العربيّة لدى الطلاب باستخدام المدخل الإنساني بالمدرسة الثانوية نهضة العلماء كمباغ جبارا العام الدراسي 2021/2022 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (621kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (807kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (958kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di MA Nahdlatul Ulama’ Jepara Tahun pelajaran 2021/2022, bagaimana permasalahan pembelajaran bahasa Arab dan solusinya pada siswa kelas X di MA Nahdlatul Ulama jepara Tahun pelajaran 2021/2022, bagaimana upaya guru dalam mengembangkan minat belajar bahasa Arab yang benar dengan pendekatan kemanusiaan pada siswa kelas X di MA Nahdlatul Ulama Jepara tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran bahasa Arab di MA Nahdlatul Ulama Jepara memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Nahdlatul Ulama’, seorang guru dituntut untuk menyusun RPP, buku panduan yang relevan dan media pendukung lainnya selama pelajaran. (2) Mengajar bahasa Arab tidak lepas dari problematika. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa di MA Nahdlatul Ulama Jepara menunjukkan dua masalah yaitu masalah linguistik dan masalah non linguistik. Dari segi masalah linguistik adalah kosa kata dan tata bahasa. Ditinjau dari masalah non-linguistik, yaitu masalah guru bahasa Arab, masalah siswa, dan masalah metode pendidikan dan alat bantu pengajaran. Dan selama masalah pengajaran bahasa arab dalam hal kosa kata, banyak latihan dalam memahami teks bahasa arab yang tidak benar, mencari kata, kesulitan dalam kamus atau tesaurus, menghafal banyak kosakata umum yang digunakan dalam buku-buku bahasa arab. Dalam hal tata bahasa, bagi siswa untuk memahami banyak aturan seperti jenis pendefinisian tanda diakritik, kata benda superskrip, kata benda akusatif, dan kata benda huruf kecil. (3) Upaya guru untuk mengembangkan keinginan belajar bahasa Arab yang benar dilakukan dengan menggunakan pendekatan manusiawi dan metode pengajaran yang menarik. Pendekatan manusia adalah pendekatan pendidikan yang cenderung kepada siswa untuk membantu proses pembelajaran bahasa Arab, sedangkan guru menggunakan alat peraga yang menarik dan tepat adalah hal yang sangat penting karena memungkinkan siswa untuk memahami materi dengan mudah, terutama dalam pengajaran bahasa Arab. Minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang untuk belajar. Intensitas keinginan untuk belajar cenderung mengarah pada prestasi yang lebih tinggi. Sebaliknya, kurangnya keinginan untuk belajar cenderung menyebabkan rendahnya prestasi. Setiap orang memiliki keterampilan yang dapat dia kembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pengembangan Minat, Bahasa Arab dan Pendekatan Humanistik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:29
Last Modified: 30 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item