Fauziyah, Nur (2023) تطبيق طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة في تعليم المفردات العربية لدى طلاب في الفصل السابع بمدرسة السلام المتوسطة الإسلامية بانجيلان طوبان للسنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak. pdf.pdf Download (414kB) |
|
Text
3. Daftar Isi. pdf.pdf Download (531kB) |
|
Text
4. BAB I . pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II. pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. BAB III. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV. pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V. pdf.pdf Download (685kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf Download (503kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode Total Physical Response pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Asaalam Bangilan Tuban serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode ini. Metode Total Physical Reponse (TPR) merupakan suatu metode bahasa yang menekankan aktivitas fisik dari Peserta Didik terhadap perintah yang diberikan oleh Pendidik. Metode Total Physical Reponse (TPR) bertujuan untuk memudahkan Peserta Didik dalam memahami dan mengingat mufrodat melalui intruksi yang diucapkan oleh Pendidik kepada Peserta didik dengan menunjukkan respon fisik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, Pendidik Bahasa Arab dan Peserta Didik di kelas VII MTs Assalam Bangilan Tuban. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analaisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data berupa tringulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Total Physical Response berperan penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab materi mufrodat yang mencakup 3 hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan menggunakan metode ini, peserta didik merasa senang dan tidak mudah jenuh ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Faktor pendukung dalam implementasi metode Total Physical Response meliputi dukungan dari Pendidik, Peserta didik, Sarana dan Prasarana serta dukungan dari orang tua kepada anaknya untuk semangat dalam belajar. Faktor penghambat implementasi metode Total Physical Response yaitu pendidik apabila kurang menguasai materi dan langkah-lagkah pelaksanaan metode ini sehingga peserta didik sulit untuk memahami maksud pendidik dan materi yang disampaikan, kurangnya dukungan dan motivasi belajar dari orang tua, materi mufrodat yang akan disampaikan yaitu apabila mufrodatnya abstrak karena metode ini terbatas pada gerakan badan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:21 | ||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12018 |
Actions (login required)
View Item |