تطبيق تدريب المناظرة العربية بالبرلمان الآسيوي لتحسين مهارة الكلام في هيئة الطلبة العزة بالجامعة الإسلامية الحكومية قدس

Hidayat, Mahfudz (2023) تطبيق تدريب المناظرة العربية بالبرلمان الآسيوي لتحسين مهارة الكلام في هيئة الطلبة العزة بالجامعة الإسلامية الحكومية قدس. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak. pdf.pdf

Download (638kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (688kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (674kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB)

Abstract

AL-IZZAH merupakan salah satu UKM yang berada di IAIN Kudus. Sebagai UKM yang bergerak dibidang pengembangan bahasa arab, UKM ini memiliki program-program yang berhubungan dengan Bahasa Arab, diantara program tersebut adalah pelatihan debat bahasa arab. Penelitian ini memiliki manfaat untuk mengetahui sejauh manakah Debat Bahasa Arab di AL-IZZAH. Selain manfaat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pembelajaran debat Bahasa Arab yang diterapkan di AL-IZZAH beserta faktor-faktor pendukug dan penghambatnya. Peneliti menggunakan Field Research dan penelitian kualitatif serta penelitian yang bersifat deskiptrif. Sumber-sumber data yang digunakan berasal dari data-data primer berupa ro’is ‘am, mudarrib kelas debat dan a’dho. Serta data-data sekunder berupa dokumentasi dan media pembelajaran. Adapun peneliti menggunakan metode teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis SWOT. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa debat bahasa arab di AL-IZZAH menggunakan System Asian Parlementery. Proses debat yang diimplementasikan di AL IZZAH tidak jauh berbeda dengan debat bahasa arab yang ada di luar. Adapun pelatihan debat bahasa arab di AL-IZZAH dilakukan melalui dua cara, yaitu offline dan online tergantung dengan kondisinya. Dalam proses pelatihan debat ada faktor-faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung debat bahasa arab di AL-IZZAH adalah adanya pelatih debat yang berkompeten dalam bidang debat bahasa arab, walaupun tidak dari dosen langsung, serta didukung dengan adanya buku ajar sebagai pedoman dalam berdebat. Sedangkan faktor penghambatnya didominasi oleh perasaan takut pada diri anggota untuk mengikuti lomba, anggapan bahwa debat bahasa arab adalah hal yang sulit, dan kurangnya alokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Debat Bahasa Arab, Asian Parlementery, Pembagusan Keterampilan Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 08:06
Last Modified: 30 Sep 2024 08:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item