Juwitaningsih, Ita (2023) فعالية نموذج التعليم على أساس حلّ المشكلات ( Problem Based Learning) لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الحادي عشر في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية الواحدة باطى للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover-pengantarr (1).pdf Download (828kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (548kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. bab 1.pdf Download (448kB) |
|
Text
5. bab 2.pdf Download (535kB) |
|
Text
6. bab 3.pdf Download (457kB) |
|
Text
7. bab 4.pdf Download (571kB) |
|
Text
8. bab 5.pdf Download (223kB) |
|
Text
9. daftar pustaka (1).pdf Download (297kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI di MAN 01 Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Variabel dalam tulisan ini adalah Gaya Pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel bebas (x), keterampilan menulis sebagai variabel terikat (y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 01 Pati. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling berupa cluster random sampling. Ada 66 siswa sebagai sampel penelitian, ia IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan IPA 2 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan N-gain score. Kemudian untuk menentukan efektivitasnya menggunakan nilai N-Gain. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata posttest-nya adalah 0,41 dan pada kelompok kontrol 0,28. Dalam hal ini rata-rata kelompok eksperimen dinyatakan cukup efektif dan kelompok kontrol kurang efektif. N-Gain dinyatakan efektif jika nilainya lebih dari 0,7. Dinyatakan cukup efektif jika nilainya lebih dari 0,3 dan kurang efektif jika nilainya kurang dari 0.3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif daripada metode tradisional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya Pembelajaran Problem Based Learning, Ketrampilan Menulis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 02:58 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12497 |
Actions (login required)
View Item |