فعالية نموذج التعليم على أساس حلّ المشكلات ( Problem Based Learning) لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الحادي عشر في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية الواحدة باطى للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣ م

Juwitaningsih, Ita (2023) فعالية نموذج التعليم على أساس حلّ المشكلات ( Problem Based Learning) لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الصف الحادي عشر في المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية الواحدة باطى للسنة الدراسية ٢٠٢٢-٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-pengantarr (1).pdf

Download (828kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
5. bab 2.pdf

Download (535kB)
[img] Text
6. bab 3.pdf

Download (457kB)
[img] Text
7. bab 4.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. bab 5.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. daftar pustaka (1).pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI di MAN 01 Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Variabel dalam tulisan ini adalah Gaya Pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel bebas (x), keterampilan menulis sebagai variabel terikat (y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 01 Pati. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling berupa cluster random sampling. Ada 66 siswa sebagai sampel penelitian, ia IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan IPA 2 sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan N-gain score. Kemudian untuk menentukan efektivitasnya menggunakan nilai N-Gain. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata posttest-nya adalah 0,41 dan pada kelompok kontrol 0,28. Dalam hal ini rata-rata kelompok eksperimen dinyatakan cukup efektif dan kelompok kontrol kurang efektif. N-Gain dinyatakan efektif jika nilainya lebih dari 0,7. Dinyatakan cukup efektif jika nilainya lebih dari 0,3 dan kurang efektif jika nilainya kurang dari 0.3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif daripada metode tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrhas, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Pembelajaran Problem Based Learning, Ketrampilan Menulis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:58
Last Modified: 07 Nov 2024 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item