فعالية نموذج التعليم جيكسو لترقية مهارة القراءة في الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية مطالع الفلاح بقدس

Sifa', Laiyinatus (2023) فعالية نموذج التعليم جيكسو لترقية مهارة القراءة في الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية مطالع الفلاح بقدس. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (548kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (464kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (445kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (730kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (910kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran maharah Qira'ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan maharah qira'ah pada kelas VIII di MTS Matholi'ul Falah Kandangmas Kudus pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimen dan dengan desain non-equivalent group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes maharah qira'ah dengan mengambil populasi siswa kelas VIII. Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh dimana seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 56 siswa dijadikan sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan independen sampel t-tes dan uji n-gain. Berdasarkan hasil perhitungan uji independen sampel t-tes diperoleh nilai t hitung sebesar -0,260 lebih kecil daripada t tabel sebesar 2,005 atau berdasarkan taraf signifikasi diperoleh sebesar 0,265 lebih besar daripada 0,05 yang mana hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan maharah qira'ah pada kelas VIII MTS Matholi'ul Falah Kudus. Adapun perhitungan uji n-gain diperoleh hasil sebesar 0,258 dimana dalam tabel penafsiran uji n-gain termasuk kategori rendah atau kurang efektif. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw kurang efektif dalam meningkatkan maharah qira'ah pada siswa kelas VIII di MTS Matholi'ul Falah Kandangmas Kudus pada tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran jigsaw, maharah qira'ah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Nov 2024 04:08
Last Modified: 22 Nov 2024 04:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item