Chasanah, Uswatun (2023) تعليم اللغة العربية عبر الإنترنت في وباء الكورونا في المدرسة الإصلاح الثانوية الإسلامية بجرابوجان، 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (719kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (746kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (506kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (644kB) |
Abstract
Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online dengan jarak jauh atau pembelajaran yang dilakukan peserta didik dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi untuk menerapkan social distancing guna mencegah mata rantai penyebaran wabah Corona. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran daring yang belum pernah dilakukan sebelumnya di MA Al-Ishlah Grobogan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab secara daring di MA Al-Ishlah Grobogan selama pandemi Corona (2) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran bahasa arab secara daring di MA AL-Ishlah Grobogan selama pandemi Corona. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Yaitu dengan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa arab secara daring dan apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran bahasa arab secara daring selama pandemi. Hasil penelitian ini yaitu: proses pembelajaran bahasa arab secara daring di MA Al-Ishlah Grobogan menggunakan 4 aplikasi yaitu : Zoom, Whatsapp, Facebook dan Google Form. Proses pembelajaran daring diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom memanfaatkan fitur kamera dan audio untuk menjelaskan materi. Saat menggunakan aplikasi Whatsapp, guru menyajikan materi dalam bentuk tulisan. Materi dijelaskan di Grup Whatsapp yang beranggotakan guru dan siswa satu kelas. Aplikasi Facebook digunakan khusus untuk siswa yang tinggal di pesantren. Mereka tidak boleh membawa handphone di dalam pesantren. Mereka menggunakan komputer pesantren untuk pembelajaran daring. Guru dan siswa dari pesantren sepakat untuk menggunakan Facebook karena Facebook dapat diakses melalui web. Sedangkan Google Form digunakan guru untuk membuat soal evaluasi. Selama pandemi, pembelajaran dan ujian dilaksanakan secara daring. Google Form sangat mempermudah guru untuk membuat dan mengoreksi soal. Soal yang sudah dibuat akan dibagikan kepada siswa melalui link. Pembelajaran bahasa arab secara daring memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Kelebihannya antara lain : 1) pembelajaran daring dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, 2) pembelajaran daring dapat menghemat biaya dan waktu. 3) pembelajaran daring meningkatkan pengetahuan teknologi. Sedangkan kekurangannya antara lain: 1) guru memiliki hambatan dalam menyampaikan materi. 2) guru dan siswa kurang berinteraksi 3) siswa sulit memahami materi yang disampaikan guru. 4) siswa tidak memiliki fasilitas yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Pandemi Corona | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:13 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2024 03:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12804 |
Actions (login required)
View Item |