فعالية طريقة تدريبية بالتعلم التعاوني في ترقية مهارة القراءة في الفصل الثامن بالمدرسة المحمدية الواحدة المتوسطة قدس. 2024

Andina, Adzania (2024) فعالية طريقة تدريبية بالتعلم التعاوني في ترقية مهارة القراءة في الفصل الثامن بالمدرسة المحمدية الواحدة المتوسطة قدس. 2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (593kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui penerapan metode Drill menggunakan model Cooperative Learning untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. 2). Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode Drill menggunakan model Cooperative Learning dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, yaitu dengan membandingkan hasil dari pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diujikan pada responden dengan sampel 69 siswa. Populasi terdiri atas semua kelas 8. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pertimbangan (purpose sample) dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas 8A sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan 8B sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan. Pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, uji analisis data menggunakan n-Gain score dengan bantuan program olah data SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Penerapan metode drill menggunakan model cooperative learning untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah 1 Kudus menunjukkan hasil yang sangat baik. Lingkungan belajar yang mendukung membuat penerapan dan model pembelajaran ini berjalan dengan baik dan berhasil untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 8. Metode drill yang diterapkan mampu menanamkan pemahaman materi yang mendalam pada kelas eksperimen, sedangkan model cooperative learning mampu menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan. 2) Efektivitas metode drill menggunakan model Cooperative Learning berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 8 di SMP Muhammadiyah Kudus. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen. Hasil nilai pretest dan posttest yang diperoleh pada kelas eksperimen menunjukkan nilai tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menerapkan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata n-gain sebesar 80,9014 persen yang menyatakan efektif, sedangkan pada kelas kontrol hasil uji n-gain diperoleh rata-rata sebesar 20,9019 persen yang menyatakan tidak efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas metode drill menggunakan model cooperative learning efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas delapan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrhas, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Metode Drill; Model Cooperative Learning; Membaca
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:34
Last Modified: 10 Jan 2025 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13188

Actions (login required)

View Item View Item