تطبيق وسائل التدافع لترقية مهارة القراءة لدى طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الحكمه تنجولي جفارى العام الدراسي 2022/2023 م

Nafisah, Nur Lailatun (2023) تطبيق وسائل التدافع لترقية مهارة القراءة لدى طلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية نور الحكمه تنجولي جفارى العام الدراسي 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (546kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (313kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (705kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (770kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keterampilan membaca atau tidak setelah menerapkan media scramble dalam pembelajaran bahasa Arab dikelas VII MTs Nurul Hikmah Tengguli Jepara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan media scramble sebagai variabel independent (X), dan keterampilan membaca sebagai variabel dependent (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Nurul Hikmah Tengguli Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Ada 56 siswa sebagai sampel penelitian, yaitu 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media scramble cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca. hal itu dibuktikan dari uji hipotesis dengan perhitungan SPSS 26. Pada hasil uji T terbukti bahwa sig. (2-tailed) = 0,000, lebih kecil dari nilai signifikasi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,4398 dan termasuk interpretasi peningkatan sedang, sehingga media scramble dianggap cukup efektif dari pada menggunakan metode tradisional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Scramble, Keterampilan Membaca
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:54
Last Modified: 17 Jan 2025 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item