Isnaini, Amalia Nur (2023) تأثير طريقة التدريب (Drill) على مهارة القراءة لدى طلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية النور دارين جفارا السنة الدراسية 2023\2024 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (459kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (528kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (361kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa MTs yang mengalami kesulitan dalam membaca teks Arab. Membaca merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dicapai oleh siswa. Metode pembelajaran yang digunakan sangat berperan penting dalam tercapainya suatu pembelajaran. Salah satu metode yang tepat untuk digunakan yaitu metode drill. Tujuan dari penlitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan metode drill di kelas VIII MTs An-Nur Daren, (2) untuk mengetahui keterampilan membaca bahasa Arab setelah menggunakan metode drill di kelas VIII MTs An-Nur Daren Jepara, (3) untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs An-Nur Daren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan jenis one group pretest postest design. Variabel dalam tulisan ini adalah Metode Drill sebagai variabel bebas (x), dan keterampilan membaca sebagai variabel terikat (y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs An-Nur Daren Jepara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan membaca siswa sebelum diterapkan metode drill dapat diketahui dari hasil pretest, diperoleh nilai rata-rata 56,0. (2) Keterampilan membaca siswa setelah metode drill diterapkan dapat diketahui dari hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,2. (3) Adanya pengaruh dari metode drill terhadap keterampilan membaca siswa. Hal tersebut berdasarkan pada peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest, dari 56,0 menjadi 73,2. Dan pada hasil analisis data menggunakan uji T. Dari hasil uji T diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dan nilai t hitung sebesar 9,501 dengan t tabel 1,708 maka t hitung > t tabel (9,501>1,708). Hasil tersebut mengindikasi bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode drill terhadap keterampilan membaca siswa dan hipotesis pada peneltian ini diterima (berpengaruh).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelejaran, Metode Drill, Keterampilan Membaca | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:42 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13300 |
Actions (login required)
View Item |