Jamil, Muh Bahauddin (2023) تطوير المواد التعليمية لمهارة الاستماع بالإعتماد على وسائط باور بوينت فى تعليم اللّغة العربية بالمدرسة ابتداء الفلاح الثانوية الإسلامية ساميرجا داوى قدس السنة الدراسية 2023\ 2024 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (583kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (518kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (427kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (781kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (569kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (846kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Power Point untuk siswa Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. (2) mengetahui hasil validasi ahli media dan ahli materi terhadap materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Power Point untuk siswa Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. (3) mengetahui respon guru dan siswa terhadap materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Power Point untuk siswa Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. (4) mengetahui efektivitas penggunaan materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media Power Point untuk siswa Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk penelitian hasil pengembangan berupa modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media power point. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada siswa kelas XI MIPA 1 Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dan uji coba lapangan pada siswa kelas XI IPS 4 Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media power point, soal pretest-posttest dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Kelayakan modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ berbasis media power point dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dan respon siswa yang diubah menjadi kategori kualitatif. Peningkatan kemampuan mahārah al-istimā’ siswa diketahui berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ dengan media power point yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahārah al-istimā’ siswa kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus berdasarkan penilaian validator ahli dan validator praktisi memiliki nilai rata-rata sebesar 3,94 dengan kategori kualitas sangat baik, hasil respon siswa dengan nilai 3,58 (sangat baik) pada uji coba terbatas dan 3,65 (sangat baik) pada uji coba lapangan. (2) Diketahui bahwa untuk masing-masing aspek hasil validasi modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ dengan media power point dalam mata pelajaran bahasa arab oleh validator ahli dan praktisi, yaitu termasuk dalam kategori kualitas sangat baik, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran (3) hasil respon siswa terhadap modul ditinjau dari 5 aspek yaitu aspek bahasa dan tampilan, aspek kelayakan, aspek kualitas isi dan tujuan, aspek instruksional dan aspek teknis pada uji coba terbatas memiliki nilai rata-rata X = 3,58 dan pada saat uji coba lapangan memiliki rata-rata X = 3,65. Dari hasil tersebut diketahui bahwa X ≥ 3,0 sesuai dengan kategori penilaian Sbi pada Tabel 7 maka modul Bahasa arab termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga modul kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus yang dikembangkan layak dengan kategori sangat baik. (4) Penerapan modul materi pembelajaran mahārah al-istimā’ dengan media power point pada pembelajaran bahasa arab mampu meningkatkan kemampuan mahārah al-istimā’ siswa kelas XI MIPA 1 pada uji coba terbatas dan siswa kelas XI IPS 4 pada uji coba lapangan dengan nilai standar gain secara berturut-turut 0,2 (kategori rendah) dan 0,5 (kategori sedang).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul materi pembelajaran berbasis media power point, dan kemampuan mahārah al-istimā’ | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:06 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13389 |
Actions (login required)
View Item |