تحليل نموذج تعليم اللغة العربية "المعرض المشي" لمهارة القراءة للفصل السابع فى المدرسة المتوسطة الشافعية دماك العام الدراسي ٢٠٢٣/٢٠٢٤

Muna, Azkal (2024) تحليل نموذج تعليم اللغة العربية "المعرض المشي" لمهارة القراءة للفصل السابع فى المدرسة المتوسطة الشافعية دماك العام الدراسي ٢٠٢٣/٢٠٢٤. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (930kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (520kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (517kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (813kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (801kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (557kB)

Abstract

Keterampilan membaca bahasa Arab merupakan salah satu keterampilan yang menentukan sejauh mana kemahiran seseorang dalam berbahasa Arab, karena keterampilan membaca merupakan keterampilan yang memerlukan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana model pembelajaran Gallery Walk untuk keterampilan membaca pada siswa kelas tujuh di MTs Asy-Syafi’iyyah Demak; 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Galery Walk terhadap keterampilan membaca di MTs Asy-Syafi’iyyah Demak; 3) Apa saja hambatan dalam pengajaran keterampilan membaca model Gallery Walk di MTs Asy-Syafi’iyyah Demak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menjadikan guru bahasa Arab sebagai narasumber utama dan beberapa siswa kelas VII MTs Asy-Syafi’iyyah Demak. Hasil penelitian ini adalah 1) Model walk gallery merupakan model yang efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab, karena dengan model ini siswa dapat mengeksplorasi banyak kosa kata asing dan memahami penggunaannya dalam kalimat; 2) penerapan model pembelajaran walk gallery yang merupakan salah salah satu model cooperative learning melatih siswa untuk bekerjasama dengan anggota kelompoknya, dan melatih siswa untuk berani mengungkapkan gagasannya di depan orang lain; 3) hambatan model pembelajaran gallery walk dari segi efisiensi waktu, penggunaan model ini lebih membutuhkan waktu yang lebih banyak. Dari segi materi, siswa harus memahami materi terlebih dahulu sebelum mendiskusikannya dengan anggota kelompok. dari segi hasil belajar, siswa yang mampu menguasai bacaan hanya beberapa saja, karena model ini menggunakan sistem cooperative learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gallery Walk, Keterampilan Membaca, Cooperative learning
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:52
Last Modified: 23 Jun 2025 04:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item