Karimah, Lili (2025) على"Quantum Teaching" تأثير نموذج التعليم نتائج التعلّم المعرفية في مادة التراكيب لدى طالب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية الثانية بقدس السنة الدراسية2023/2022. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (852kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (899kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
Abstract
Mayoritas siswa memandang bahasa Arab tidak mudah terutama dalam pembelajaran tarakib, hal ini di karenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan pemilihan model yang diajarkan. Adapun upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching. Tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at tarakib kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus (2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sesudah dan sebelum penggunaan model quantum teaching (3) Untum mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at tarakib kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dengan desain Non-Equivalent Group . Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling simple randomMayoritas siswa memandang bahasa Arab tidak mudah terutama dalam pembelajaran tarakib, hal ini di karenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan pemilihan model yang diajarkan. Adapun upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching. Tujuan peneliti ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at tarakib kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus (2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sesudah dan sebelum penggunaan model quantum teaching (3) Untum mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at tarakib kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design dengan desain Non-Equivalent Group . Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling simple random sampling type. Teknik pengumpulan data pada menggunakan tes dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi At Tarakib Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus tahun pelajaran 2022/2023.telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran quantum teaching. 2) Hasil belajar kognitif siswa sebelum penggunaan model quantum teaching senilai 63,24 dan setelah penggunaan model quantum teaching mengasilkan nilai rata-rata 88,10. 3) Adanya pengaruh Model pembelajaran quantum teaching secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at Tarakib kelas VIII di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus. Hasil uji independent sample t-test dan paired sample t- test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, menolak (Ho) dan menerima (Ha). Uji regresi linear sederhana menunjukkan koefisien regresi positif sebesar 1,385 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, menandakan arah pengaruh positif dan signifikan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kognitif sebesar 23,2%, dengan nilai korelasi 0,481 yang berarti "Sedang" sampling type. Teknik pengumpulan data pada menggunakan tes dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi At Tarakib Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus tahun pelajaran 2022/2023.telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran quantum teaching. 2) Hasil belajar kognitif siswa sebelum penggunaan model quantum teaching senilai 63,24 dan setelah penggunaan model quantum teaching mengasilkan nilai rata-rata 88,10. 3) Adanya pengaruh Model pembelajaran quantum teaching secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi at Tarakib kelas VIII di Madrasah Tsanawiyyah Negeri 2 Kudus. Hasil uji independent sample t-test dan paired sample t- test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, menolak (Ho) dan menerima (Ha). Uji regresi linear sederhana menunjukkan koefisien regresi positif sebesar 1,385 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, menandakan arah pengaruh positif dan signifikan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar kognitif sebesar 23,2%, dengan nilai korelasi 0,481 yang berarti "Sedang"
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Teaching, Hasil Belajar Kognitif, Tarakib | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:32 | ||||||
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |