EFEKTIVITAS PERMAINAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DI MTS NU BAITUL MUKMININ KUDUS

Syaifuddin, Muhammad (2020) EFEKTIVITAS PERMAINAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DI MTS NU BAITUL MUKMININ KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (554kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTs Nu Baitul Mukminin Kudus dan apakah permainan bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTs Nu Baitul Mukminin Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan permainan bahasa Arab untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa di MTs Nu Baitul Mukminin Kudus dan untuk mengetahui efektivitas permainan bahasa Arab untuk keterampilan berbicara siswa di MTs Nu Baitul Mukminin Kudus. Desain penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil Pre-test dan Post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji validitas, reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, uji normalitas, uji kesamaan dua varian, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest dengan materi (المهنة الطبية). Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa. Pada pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 62,38 dan rata-rata nilai posttest 72,59 dan diperoleh t hitung 7,26 dan t tabel 1,97 karena t hitung > t tabel, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu metode permainan bahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara di MTs Nu Baitul Mukminin Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:57
Last Modified: 27 Jan 2021 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item