Tahlilu Su'ubati at tullab fii ta'alum qiro'ati an-nushusil arabiyati fil fashlis sabi' fil madrasatil mutawassitatil islamiyati tarbiyatul banin pekalongan winong pati as sanah ad-dirasiyyah 2019-2020 M

Sa’diyah, Nihayatus (2020) Tahlilu Su'ubati at tullab fii ta'alum qiro'ati an-nushusil arabiyati fil fashlis sabi' fil madrasatil mutawassitatil islamiyati tarbiyatul banin pekalongan winong pati as sanah ad-dirasiyyah 2019-2020 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (879kB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (857kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (982kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (890kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui Kesulitan siswa dalam belajar membaca teks arab pada siswa kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Ajaran 2019/2020. 2. Mengetahui faktor kesulitan siswa belajar membaca teks arab di kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Ajaran 2019/2020. 3. Mengetahui Solusi untuk mengatasi kesulitan siswa belajar membaca teks arab di kelas tujuh di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Banin Winong Pati dengan subjek adalah guru bahasa arab, kepala sekolah, dan siswa. Dan yang menjadi informan adalah guru bahasa arab, kepala sekolah, dan siswa. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data, dan penggunaan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesulitan siswa dalam belajar membaca teks Arab yakni Kesulitan dalam fonologi, Kesulitan Kosakata, Kesulitan Qowa’id atau tata bahasa, Kesulitan Pemaknaan, dan kesulitan dalam menentukan tanda baca, intonasi dan penekanan yang tepat ketika membaca teks Arab dikarenakan belum paham terhadap makna kalimat tersebut. Kemudian faktor kesulitan siswa belajar membaca teks bahasa arab dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor. Petama, faktor internal, termasuk latar belakang pendidikan siswa, kurangnya minat membaca teks bahasa arab, motivasi belajar yang rendah. Kedua, faktor eksternal, termasuk faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor sekolah. Adapun Solusi untuk mengatasi kesulitan siswa belajar membaca teks bahasa arab yaitu memberikan jam tambahan, mengadakan mata pelajaran muatan lokal, mengajar dengan metode yang menyenangkan, memberikan tugas kepada siswa, dan komunikasi dengan orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Keterampilan Membaca, Teks Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2021 08:19
Last Modified: 30 Jun 2021 08:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item