Nida, Zaimatun (2020) Tathbiq Istiratijiyyah "Bowling Campus" fi Ta'lim al Lughah al Arabiyah li Tarqiyah Fahm Qawaid al Nahwiyah Laday fi al Fashl al Hadi 'Asyara bi al Madrasah al Aliyah Hasyim Asy'ari Jepara al 'Am al Dirasy 2018/2019 (Dirasah Tajribiyyah). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (695kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (579kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (651kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (739kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (687kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (919kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (548kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Qowaid Nahwu adalah salah satu ilmu yang diajarkan di MA Hasyim Asy’ari Jepara. Qowaid Nahwu adalah ilmu untuk mengetahui susunan kalimat Bahasa Arab yang benar yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Berhasilnya suatu proses pembelajaran tergantung pada berhasilnya strategi dan teknik pembelajaran yang digunakan. Dan salah satu dari strategi dan teknik pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman Qowaid Nahwu siswa adalah strategi Pembelajaran Bowling Campus Bowling Campus adalah salah satu model pembelajaran berkelompok dengan ketentuan tertentu. Adapun prinsip dasar Bowling Campus adalah siswa dibentuk dalam beberapa kelompok kecil dan mereka mengajar satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Bowling Campus mendorong siswa untuk berpikir secara mandiri, menyimak penjelasan guru secara teliti dan hati-hati, terbiasa mengajari temannya yang lain serta percaya kepada orang lain. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang berfokus pada analisis data yang berbentuk angka dengan menggunakan teknik statistik, dengan menggunakan Pre-Experimental Design, bentuk desainnya yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rata-rata nilai tes pelajaran Strategi Pembelajaran Bowling Campus siswa sebelum menggunakan Qowaid Nahwu adalah 72,49 dan setelah menggunakannya adalah 80,28. Kemudian nilai t_hitung nya adalah 3,941 ˃ t_tabel yaitu 2,642 pada taraf signifikansi 1%. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi Bowling Campus efektif untuk meningkatkan pemahaman Qowaid Nahwu terhadap siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari Jepara. Jadi, hipotesis pada penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Bowling Campus; Pemahaman Qawaid Nahwu |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:14 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
View Item |