Ta'tsir al Wasail al Muta'adidah Multimedia li Tarqiyyah Maharah al Kalam li al Thullab fi al Fasl al 'Asyir li al Madrasah al ‘Aliyyah Qudsiyyah Menara Kudus Sanah Dirasiyyah 2020-2021

Hadi, Solikul (2021) Ta'tsir al Wasail al Muta'adidah Multimedia li Tarqiyyah Maharah al Kalam li al Thullab fi al Fasl al 'Asyir li al Madrasah al ‘Aliyyah Qudsiyyah Menara Kudus Sanah Dirasiyyah 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (622kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tes dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara sebelum diterapkan perangkat Multimedia, untuk mengetahui hasil tes dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara sesudah diterapkan perangkat Multimedia, untuk mengetahui keefektifan penerapan perangkat Multimedia pada pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam pada siswa di kelas X Madrasah Aliyyah Qudsiyyah Menara Kudus tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode kuantitatif (semi eksperimen). Metode pengumpulan data dengan tehnik observasi, dokumentasi, dan tes (pretest dan post test). Metode analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, ujiasumsi klasik.Populasi dari penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X Madrasah Aliyyah Qudsiyyah Menara Kudus dan diambil sampel dari jumlah populasi menjadi 60 siswa, diantaranya 30 siswa dari kelas X A dan 30 dari kelas X B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selisih hasil pretest dan post-test di kelas kontrol yaitu 33,13. Adapun selisih hasil pretest dan post-test di kelas eksperimen yaitu 35,50. Jadi, prestasi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas X Madrasah Aliyyah Qudsiyyah cukup meningkat dengan nilai ttes>ttabel dengan sig 5% yaitu 5,856 > 2,03. Ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sesungguhnya pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode Multimedia itu efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pembelajaran; Perangkat Multimedia; Maharah Kalam; Madrasah Qudsiyyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jul 2021 08:50
Last Modified: 12 Jul 2021 08:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item