Tathbiq al Muhadatsah al Lughawiyyah fi Tarqiyah Maharah al Kalam al Lughah Al 'Arabiyyah bi Ma'had Darul Amaanah Sukarejo Kendal al Sanah al Dirasiyah 2020-2021 M

Sholichah, Amanatus (2021) Tathbiq al Muhadatsah al Lughawiyyah fi Tarqiyah Maharah al Kalam al Lughah Al 'Arabiyyah bi Ma'had Darul Amaanah Sukarejo Kendal al Sanah al Dirasiyah 2020-2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (774kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (458kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (624kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dapat dilakukan dengan melaksanakan validasi data melalui teknik triangulasi data dan sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Muhadatsah al-Lughawiyyah merupakan kegiatan sehari-hari di Pondok Pesantren Darul Amanah, didalamnya santri berbicara dengan teman-temannya. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan berbahasa yang berpasangan serta bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa Arab Santri. Adapun penerapannya adalah dengan membentuk santri menjadi beberapa kelompok berpasangan. Kemudian asatidz/ro’is memberikan tugas kepada santri serta wajib disampaikan dan dipresentasikan di depan teman-temannya 2) Faktor pendukung dalam penerapan Muhadatsah al-Lughawiyyah mencakup motivasi santri untuk belajar Bahasa Arab, tingkat kecerdasan santri, adanya kitab pedoman pembelajaran Muhadatsah al-Lughawiyyah serta metodenya serta terwujudnya lingkungan berbahasa. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah lemahnya kecintaan santri dalam pembelajaran Bahasa Arab, kurangnya antusias santri dalam penerapan Muhadatsah al-Lughawiyyah, minimnya pemimpin bahasa santri dalam menerapkan Muhadatsah al-Lughawiyyah, kurangnya jumlah pengajar khusus dibidang Bahasa Arab serta banyaknya target pembelajaran selain pembelajaran Bahasa Arab. Adapun solusi dari faktor penghambat tersebut, seorang Asatidz memberikan motivasi pada santri bahwasannya bahasa arab merupakan bahasa yang mudah serta membuka peluang untuk Asatidz yang mahir dalam Muhadatsah Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Muhadatsah al Lughawiyyah; Maharah Kalam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jul 2021 08:21
Last Modified: 16 Jul 2021 08:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item