Fa'aaliyyah Istirootiijiyyah "Circuit Learning" Fii Ta'liim Al-Lughoh Al-'Arobiyyah Litarqiyyah Istii'aabi Qowaa'id Al-Lughoh Al-'Arobiyyah laday At-Thullab Fii As-Shofi As-Tsamin Bimadrosati Nurul Huda Al-Islaamiyyah An-Nahdhiyyah Al-Mutawassithoh Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus (Syibhu Tajribi)

Fasya, Muhammad Hilman (2021) Fa'aaliyyah Istirootiijiyyah "Circuit Learning" Fii Ta'liim Al-Lughoh Al-'Arobiyyah Litarqiyyah Istii'aabi Qowaa'id Al-Lughoh Al-'Arobiyyah laday At-Thullab Fii As-Shofi As-Tsamin Bimadrosati Nurul Huda Al-Islaamiyyah An-Nahdhiyyah Al-Mutawassithoh Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus (Syibhu Tajribi). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (768kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (868kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (580kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (694kB)

Abstract

Kaidah Bahasa Arab dalam pembelajaran Bahasa Arab sangatlah penting. Kita tidak dapat membaca bacaan yang benar, atau menulis tulisan yang benar tanpa mengetahui kaidah dasar bahasa tersebut. Kesalahan dalam sintaksis mempengaruhi transmisi makna kepada penerima, jadi seharusnya dalam pengajaran kaidah bahasa tidak melangkah lebih jauh dari kaidah dasar yang diperlukan. Dan keharusan yang diperlukan pengamatan dalam bahasa meliputi membaca, menulis dan berekspresi, karena kaidah adalah alat untuk mengontrol bahasa. Oleh karena itu, perlu ada pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Maka dari itu peneliti menggunakan Efektivitas strategi “Circuit Learning” pada kemampuan kaidah Bahasa Arab para murid di kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain “Quasi Eksperimental”. Instrumen penelitian adalah instrumen tes dan non tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Skor ttes pada kedua kelas adalah 3,430 dan dibandingkan dengan skor ttabel pada tingkat signifikansi 5% yaitu 2,00. Karena nilai ttes lebih besar dari pada nilai ttabel, terdapat perbedaan (perkembangan) kemampuan kaidah Bahasa Arab siswa pada pre dan post test. Karena ttes berada dalam daerah yang dapat diterima, maka hipotesis pertama, sehingga hipotesis lainnya dapat diterima, yaitu pengaruh dari strategi "Circuit Learning" terhadap keterampilan kaidah Bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kudus. Berdasarkan hasil angket setelah penerapan strategi pembelajaran “Circuit Learning” siswa merasa sangat senang dengan penerapan strategi pembelajaran “Circuit Learning” untuk kemampuan kaidah Bahasa Arab. Siswa merasa termotivasi setelah pembelajaran dengan strategi pembelajaran “Circuit Learning”. Dan siswa merasa sangat mudah memahami materi setelah mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi pembelajaran “Circuit Learning”, serta siswa menyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran“Circuit Learning” dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam kemampuan kaidah Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Pembelajaran “Circuit Learning”, Kaidah Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:15
Last Modified: 09 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item