Ula, Noor Sholihatul (2021) At-taqyim Al Waqi'iy Lita'lim Maharah Al Kalami Fii Al Lughoh Al 'Arabiyyah bimadrasah Ibtidaul Falah Atsanawiyyah Al-islamiyyah Qudus Assanah Addirasiyyah 2020/2021 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (387kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (331kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (406kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (567kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (559kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (328kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan penilaian autetik dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas XI MA Ibtidaul Falah Kudus, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penilaian autentik dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas XI MA Ibtidaul Falah Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data yang diperoleh kemudian menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penilaian autetik untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas XI MA Ibtidaul Falah Kudus sudah dilaksanakan dengan tiga tahap, yakni: perencanaan dengan menentukan standar, menentukan teknik, kriteria, dan instrumen penilaian, kemudian mensosialisasikan kepada siswa. Pelaksanaan penilaian pada aspek sikap menggunakan penilaian antar teman, aspek pengetahuan menggunakan tes tulis, tes lisan dan penugasan, aspek keterampilan menggunakan unjuk kerja. Analisis dan pelaporan penilaian dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, kemudian hasil penilaian didiberikan kepada wali kelas. 2) faktor pendukung pada penilaian autentik untuk pembelajaran keterampilan berbicara di kelas XI MA Ibtidaul Falah Kudus antara lain: adanya ekstra kulikuler muhadastah bahasa Arab, guru yang berkompeten dalam bahasa Arab, kesiapan peserta didik, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah peserta didik dan lokal kelas yang terlalu banyak, perbedaan kemampuan psikologis siswa, dan waktu pembelajaran yang terbatas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 02:54 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 02:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5994 |
Actions (login required)
View Item |