Fa'aliyatu Istikhdami Lu'batits Tsa'abina was Salalim Litarqiyati Maharatil Kalami bi Madrasatil Mutawassithatil Islamiyati Ngembalrejo Bae Kudus

Amalia, Rizqi (2021) Fa'aliyatu Istikhdami Lu'batits Tsa'abina was Salalim Litarqiyati Maharatil Kalami bi Madrasatil Mutawassithatil Islamiyati Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab sering kali siswa beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit. Sehingga siswa tidak suka dengan mata pelajaran bahasa Arab. Untuk menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab peneliti ini menggunakan permainan bahasa yaitu Ular Tangga yang bertujuan untuk melatih siswa dalam keterampilan berbicara dan memahami makna kata dan deskripsinya. Keterampilan Berbicara yaitu mengucapkan kalimat dan mengetahui arti dari keseluruhan kata. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pembelajaran Keterampilan Berbicara pada kelas VII b MTs Darul Ulum ngembal Rejo, Bae Kudus. (2) Untuk mengetahui penerapan permainan Uar Tangga pada mata pelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas VII b MTs Darul Ulum Ngembal Rejo, Bae Kudus. (3) Untuk mengetahui keefektifan permaian Ular Tangga dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa MTs Darul Ulum Ngembal Rejo, Bae Kudus. Penelitian ini berjenis experiment. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang fokus pada analisis pengolahan data digital beserta data statistik. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes (pretest dan postest), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Ular Tangga sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VII b MTs Darul Ulum ngembal Rejo, Bae Kudus. Hasil hitung yang diperoleh dari nilai t hitung adalah 7,959 kemudian dibandingkan dengan t tabel untuk taraf signifikansi 5% yakni 2,01 maka diketahui nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan siswa kelas VII b sebeum dan sesudah penerapan permainan Ular Tangga dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Dengan demikian, diketahui bahwa penerapan permaina Ular Tangga memiliki pengaruh untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab di kelas VII b MTs Darul Ulum Ngembalrejo, Bae Kudus. Dan dapat disimpulkan bahwa permainan Ular Tangga itu efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan bagi guru bahasa Arabuntuk menerapkan permainan ini di kelas, terutama dalam kegiatan pembeajaran bahasa Arab. Peran guru dan penggunaan media pembelajaran yang tepat merupakan hal penting karena akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:47
Last Modified: 16 Dec 2021 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6142

Actions (login required)

View Item View Item