Fashiha, Laili Millati (2023) Isiratijiyat ta'lim maharah alkalam biistikhdam kitab "al arabiyah baina yadaik" al 'am al dirasiy 2021 \2022 fii Al Madrasah Mutawsithah Tarbiyatul Ilsalmiyah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (764kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (468kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (602kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (476kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (656kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (320kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesadaran para pendidik dan pemerhati bahasa arab terhadap pentingnya keterampilan berbicara (maharah kalam) diera sekarang, Selain dari pada itu dewasa ini banyak perkembangan di bidang strategi pengajaran bahasa dapat kita lihat dengan munculnya strategi yang menitik beratkan pada penguasaan kemahiran berbahasa bukan lagi menekankan pada penghafalan dan memperdengarkan bahasa saja. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengkaji lebih lanjut tentang strategi pembelajaran maharah kalam. Peneliti ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui Bagaimana strategi pembelajaran maharah kalam di MTs Tarbiyyatul Islamiyyah Pati. (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran maharah kalam menggunakan kitab al -‘arobiyah baina yadaika di MTs Tarbiyyatul Islamiyyah Pati. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung,, faktor penghambat, dan solusi bagi faktor penghambat penerapan pembelajaran maharah kalam menggunakan kitab “arobiyyah baina yadaika”di Mts Tarbiyyatul Islamiyyah Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan field research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Tarbiyatul Islamiyah Pati. Adapun teknik pengumpulan yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran maharah kalam menggunakan kitab “arobiyyah baina yadaika” di mts tarbiyyatul islamiyyah pati ini menggunakan berbagai varian strategi, yaitu startegi muhadatsah (berbicara), masrohiyyah (drama), al-ta’bir al-mushawar (bercerita melalui gambar), dan juga munazarah (debat). (2) Penerapan pembelajaran maharah kalam dengan menggunakan kitab “arobiyyah baina yadaika” di mts tarbiyyatul islamiyyah pati melalui 3 tahap, dimulai dari tahap awal atau tahap prainstuksional, selanjutnya tahap inti atau tahap instruksional, kemudian yang terakhir yaitu tahap evaluasi. (3) Faktor pendukung pembelajaran maharah kalam menggunakan kitab “arobiyyah baina yadaika”di Mts Tarbiyyatul Islamiyyah Pati ini yaitu faktor kompetensi guru, faktor afektif siswa, faktor sarana, factor media pembelajaran, dan factor lingkungan (Language Area). Kemudian untuk faktor penghambatnya yaitu datang dari factor kognitif siswa dan faktor lingkungan (kurangnya petunjuk teknis di )language area). Adapun solusi bagi penghambat pertama adalah guru hendaknya memberikan teladan yang baik dengan berbicara bahasa Arab. Dan solusi bagi penghambat kedua adalah guru hendaknya memisahkan antara siswa yang sudah paham bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Maharah Kalam, Arabiyah Baina Yadaika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 02:16 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8234 |
Actions (login required)
View Item |