Fa'aliyah 'istiratijiyah alhawadits alharijah (Critical Incident) fii ta'lim al lughah al 'arabiyah litarqiyah maharah al kitabah laday thulaab al fashl al tsaamin fii madrasah Darul Hikam al mutawasithat undaan biquds fii al sanah al dirasiyah 2021-2022M

Ni’mah, Aminatun (2022) Fa'aliyah 'istiratijiyah alhawadits alharijah (Critical Incident) fii ta'lim al lughah al 'arabiyah litarqiyah maharah al kitabah laday thulaab al fashl al tsaamin fii madrasah Darul Hikam al mutawasithat undaan biquds fii al sanah al dirasiyah 2021-2022M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (751kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifaan Startegi Critical Incident dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan maharah kitabah pada siswa kelas VIII Di MTs Darul Hikam Undaan Kudus sebelum diberi perlakuan (treatment) dengan sesudah diberi perlakuan (treatment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII dengan jumlah sampel 31 siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan intrumen pretest-posttest. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik ananlisis data uji t dan uji N-gain score. Berdasrkan hasil penelitian yang diperoleh dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar maharah kitabah posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata 71,10 dan kelas kontrol dengan rata-rata 52,87. Data hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata hasil belajar maharah kitabah antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 18,23. Dan hasil uji N-Gain score diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan rata- rata kelas kontrol sebesar 0,22 dengan kategori rendah. Hasil uji t-test yang taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil bahwa t_hitung >t_tabel. Karena t_hitung >t_tabel (9,998 > 1,6710) dengan sig <α = 5 % (0,00 <0,05), maka Ho ditolak Ha diterima, Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan bahwa data yang diperoleh terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan strategi critical incident terhadap peningkatan maharah kitabah Strategi ini dapat dijadikan sebagai strategi alternatif untuk meningkatkan maharah kitabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Critical Incident, Maharah Kitabah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:11
Last Modified: 13 Feb 2023 02:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item