Tathbiq al Lughah Android Fun Easy Learning fi Ta'allum al-Mufradat al Lughah al 'Arabiyyah Bimaharah al Kitabah Lada al Thullab Fashla al Tsamin fi al Madrasah al Tsanawiyyah al Hukumiyyah 2 Kudus Sanah al Dirasah 2021/2022 M

Multazam, Ahmad (2022) Tathbiq al Lughah Android Fun Easy Learning fi Ta'allum al-Mufradat al Lughah al 'Arabiyyah Bimaharah al Kitabah Lada al Thullab Fashla al Tsamin fi al Madrasah al Tsanawiyyah al Hukumiyyah 2 Kudus Sanah al Dirasah 2021/2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan game android Fun Easy Learning dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab dengan maharah kitabah untuk siswa kelas 8 di MTs N 2 Kudus tahun ajaran 2021-2022 M. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game android pada pembelajaran bahasa arab siswa yang didasari peneliti oleh kemajuan teknologi yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh dunia pendidikan. Sehingga dengan pemanfaatan game ini mampu meningkatkan hasil pembelajaran mufrodat bahasa arab siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain penelitiannya menggunakan desain eksperimen the one shot case study. Populasi dari penelitian ini adalah kelas 8 MTs N 2 Kudus, dengan sampel berjumlah 30 siswa dari kelas 8C. Pada pengumpulan data, ada tiga metode yang digunakan peneliti yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik analisis data uji T one sample t-test. Dalam penelitian eksperimen ini, siswa terlebih dahulu diberikan perlakuan oleh peneliti kemudian dilakukan tes (post-test). Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai p-value sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,456 > t tabel 1,699 (1,7), yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran mufrodat bahasa arab siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan game android Fun Easy Learning dalam pembelajaran mufrodat bahasa arab melalui maharah kitabah untuk siswa kelas 8 di MTs N 2 Kudus tahun ajaran 2021-2022 M. Dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Fun Easy Learning, Mufrodat Bahasa Arab, Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:13
Last Modified: 08 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8980

Actions (login required)

View Item View Item