Tahlil Bunud Ikhtibar al Lughah al 'Arabiyyah Kamiqyasi al Kafa'ah al Lughawiyyah li Thalabah al Shaffi al Sabi' fi al Madrasah al Mutawassithah al Islamiyyah al Hukumiyyah 1 Jepara

Amini, Fira Aisyah (2022) Tahlil Bunud Ikhtibar al Lughah al 'Arabiyyah Kamiqyasi al Kafa'ah al Lughawiyyah li Thalabah al Shaffi al Sabi' fi al Madrasah al Mutawassithah al Islamiyyah al Hukumiyyah 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar siswa merupakan proses yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pembelajaran. Analisis soal tes merupakan suatu hal yang penting untuk mengetahui kualitas soal. Karena itu, analisis soal penting dilakukan dalam menentukan kualitas soal yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal tes (UTS) bahasa arab kelas VII di MTsN 1 Jepara buatan guru sehingga bisa dijadikan sebagai pengukur daya cakap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau dikenal dengan mixed methods dengan mengambil model sequential exploratory design. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kesesuaian seluruh butir soal dengan kisi- kisi menunjukkan tingkat validitas isi 100% dan secara keseluruhan soal UTS yang dibuat oleh guru mata pelajaran bahasa arab termasuk dalam kategori baik dai aspek materi. 2) Tingkat reliabilitas soal pilihan ganda bahasa arab 0, 86 dan soal uraian 0.87 yang menunjukkan tingkat reliabilitas sangat tinggi dan dapat dipercaya penggunaannya. 3) Tingkat kesukaran menunjukkan bahwa soal pilihan ganda masuk dalam kategori baik, karena 53,3% indeks kesukarannya memenuhi standar, soal uraian masuk dalam kategori baik, karena 80% indeks kesukarannya memenuhi standar. 4) Dari segi daya beda soal, soal pilihan ganda tersebut termasuk dalam kategori sangat baik, karena 76,7% indeks daya bedanya masuk dalam kriteria sangat baik, soal uraian masuk dalam kategori sangat baik, karena 80% indeks daya bedanya masuk dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal, Ujian Bahasa Arab
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:39
Last Modified: 09 Mar 2023 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item