Wafa, Muhammad Azka Shidqul (2022) Fa'aliyah istikhdam tariqah Quantum Teaching litarqiyah dawafi' al thulaab fi ta'lim al lughah al 'arabiyah ba'd jaihat covid-19 lil saf al tsamin fi al madrasah al mutawasithah nahdatul ulama' raudhatus sibyan al 'am al dirasiy 2021-2022 m. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (13MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (844kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (988kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (852kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (949kB) |
Abstract
Penelitian ini berlandaskan pada pembelajaran bahasa Arab yang belum berjalan dengan maksimal di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus setelah berakhirnya masa pandemi covid-19. Banyak dari siswa-siswi yang mengalami penurunan semangat belajar di dalam kelas. Adapun upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui motivasi siswa di dalam belajar bahasa Arab setelah pandemi covid-19 sebelum penggunaan metode Quantum Teaching pada kelas VIII, (2) untuk mengetahui motivasi siswa di dalam belajar bahasa Arab setelah pandemi covid-19 sesudah penggunaan metode Quantum Teaching pada kelas VIII, (3) untuk mengetahui ke-efektifan metode Quantum Teaching dalam meningkatkan motivasi siswa didalam belajar bahasa Arab setelah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperiment dengan desain Non-Equivalent Group. Penentuan sampel menggunakan teknik Sampel Jenuh dari kelas VIII A sejumlah 32 siswa dan VIII B sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunkan Observasi, Angket dan Dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji mann-whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) keadaan motivasi siswa kelas ekperimen sebelum penerapan metode Quantum Teaching berdasarkan hasil observasi menunjukkan presentase sebesar 40% dan kelas kontrol sebesar 60%. Sedangkan berdasarkan angket, nilai rata-rata kelas eksperimen ialah 141,12 dan kelas kontrol 196,84. (2) motivasi siswa kelas ekperimen setelah penerapan metode Quantum Teaching berdasarkan hasil observasi sebesar 90% dan motivasi siswa kelas kontrol sebesar 60%. Sedangkan berdasarkan angket, nilai rata-rata kelas eksperimen ialah 253,92 dan kelas kontrol 197,25. (3) Adanya keefektifan dari penerapan metode Quantum Teaching dalam meningkatkan motivasi siswa di dalam pembelajaran bahasa Arab setelah pandemi covid-19. Hal tersebut berdasarkan peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata kelas eksperimen dari 141,12 menjadi 253,92. Dan pada analisis data menggunakan uji mann-whitney-U juga menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig.(2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa metode Quantum Teaching efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi siswa di dalam belajar bahasa Arab setelah pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Pembelajaran Bahasa Arab, Motivasi Setelah Pandemi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:42 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9237 |
Actions (login required)
View Item |