Niswah, Khoiri Zulfatin (2022) Tatbiq insya' al muwajahah fii ta'lim al lughah al 'arabiyah litarqiyah maharah al kitabah fii al qism al saabi' bi al madrasah al tsanawiyah Al Irsyad Gajah Demak 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (543kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (329kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Insya’ Muwajjahah adalah metode yang membantu siswa untuk membuat kalimat yang sempurna. Insya’ muwajjah melatih keterampilan siswa dalam menulis secara terbimbing dalam menentukan gagasan, ide, dan karangan cerita dengan beberapa bimbingan dan penilaian dari guru. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode observasi, metode wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian dan menyimpulkan data. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penerapan Metode Insya’ Muwajjahah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis, kedua untuk mengetahui efektivitas Metode Insya’ Muwajjahah dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kelas VII di MTs Al-Irsyad Gajah Demak, dan ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Metode Insya’ Muwajjahah pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis Menulis pada kelas VII di MTs Al-Irsyad Gajah Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Metode Insya’ Muwajjahah untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab dari pemula, menengah dan lanjutan, berjalan dengan baik, dan langkah-langkah implementasi sebagai berikut: (a) Guru menerangkan materi di dalam buku LKS Bahasa Arab, (b) Murid mengamati penjelasan dari guru dalam penyampaian materi, (c) Guru mencontohkan materi yaitu isim dlamir dan isim isyaroh, (d) Guru menugaskan para murid untuk mengerjakan soal di buku LKS Bahasa Arab, (e) Murid diberikan waktu mengerjakan, hasil pekerjaan dikoreksi bersama dan salah satu murid disuruh maju ke depan untuk menuliskan hasil pekerjaannya. 2) Efektivitas Metode Insya’ Muwajjahah untuk meningkatkan keterampilan menulis menunjukkan hasil yang efektif. Tingkat pemula, siswa dapat menulis dan menyalin frasa dan pertanyaan untuk kosa kata sederhana. Pada tingkat menengah dan lanjutan, siswa masih memiliki keterbatasan dalam mengulangi pelajaran yang diberikan oleh guru yang sebagian besar siswa melupakan apa yang telah diterima, memahami dan menerapkannya dalam konteks untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab. (3) Faktor pendukungnya adalah: kemampuan guru untuk berinovasi dan mau belajar bahasa Arab, kemampuannya memahami bahasa Arab itu sendiri dan cara mengajar bahasa Arab yang efektif kepada siswa laki-laki dan perempuan, serta membangkitkan semangat dan minat siswa. Faktor pembatasnya adalah guru merasa kesulitan untuk menerapkan metode ini kepada siswa laki-laki dan perempuan satu per satu. Tata bahasa dan lingkungan sekolah tidak mendukung pengajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Insya’ Muwajjahah, keterampilan Menulis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 03:24 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 03:24 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9276 |
Actions (login required)
View Item |