Meyshafitri, Meyshafitri (2022) Musahamah mahmud yunus fii tariqah ta'lim al lughah al arabiyah fi kitab al tarbiyah wal ta'limi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (714kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (449kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (774kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (460kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (722kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (343kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
Abstract
Salah satu unsur penting dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran. Mahmud Yunus merupakan salah satu tokoh pembaharu Pendidikan Islam yang berhasil memasukkan pendidikan agama didalam pendidikan umum. Beliau terkenal dengan semboyannya “Attariqotu Ahammu Minal Maddah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang dilakukan Mahmud Yunus terhadap metode pembelajaran bahasa Arab dalam Kitab “Attarbiyah Wa Atta’lim”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi yang dilakukan Mahmud Yunus terhadap metode pembelajaran bahasa Arab dalam Kitab “Attarbiyah Wa Atta’lim”. Meninjau kembali kitab-kitab terdahulu dan menggali kembali usaha para pembaharu Pendidikan Islam terdahulu adalah suatu hal yang penting guna tetap mempertahankan pemikiran beliau serta merekontruksinya dengan perkembangan pembelajaran masa kini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Secara lebih khusus jenis penelitian kualitatif ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan adalah berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisi isi (Analysis Content). Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknis dokumentasi dengan mengumpulkan data, membaca, mencatat kemudian menganalisis data yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian dari kitab Attarbiyah Wa Atta’lim ini peneliti menemukan bahwa Mahmud Yunus berkontribusi dalam menerapkan metode pembelajaran langsung (Direct Method) dengan pendekatan All in one system dalam pembelajaran bahasa Arab yang berorientasi pada pemahaman dan keterampilan berbicara. Selain itu, beliau sangat memperhatikan empat aspek yakni aspek psikologis, kognitif, psikomotorik, dan afektif. Kontribusi yang diberikan beliau sangat relevan dengan kebutuhan dunia Pendidikan bahasa Arab saat ini, dan mengandung nilai kesesuaian terhadap tujuan Pembelajaran bahasa Arab berdasarkan Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Mahmud Yunus, Metode Pembelajaran, Kitab Attarbiyah Wa Atta’lim. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:47 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9615 |
Actions (login required)
View Item |