Fa'aaliyah namudhaj al ta'lim al mudmaj (Blended Learning) fii ta'lim al lughah al arabiyah 'alaa tarqiyah maharah al qira'ah laday thulaab al shaf al saabi' "jim" bimadrasah miftahul ulum al mutawasithah biqudus al sanah al dirasiyah 2020/2021m

Tsuroyya, Nurits (2022) Fa'aaliyah namudhaj al ta'lim al mudmaj (Blended Learning) fii ta'lim al lughah al arabiyah 'alaa tarqiyah maharah al qira'ah laday thulaab al shaf al saabi' "jim" bimadrasah miftahul ulum al mutawasithah biqudus al sanah al dirasiyah 2020/2021m. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran blended learning terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum Loram Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi Ex Post Facto yang bertujuan untuk mengetahui keefektifen dan menganalisis variabel independen terhadap variabel dependen. Pengumpulan data dengan teknik kuisoner dan soal tes dengan mengajukan 40 pertanyaan terhadap 36 responden yang ditentukan berdasarkan tabel Issac-Michael. Penelitian juga menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasatkan hasil analisis data pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelasVII di MTs Miftahul Ulum. Dari rumusan masalah yang telah diungkapkan pada bab sebelumnya, bahwa hasil uji-t angka -0,533 < T Tabel 2,032, dengan nilai signifikansi 0,598 > 0,05 hal ini berarti hipotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak Hasil ini menunjukkan bahwa model blended learning tidak digunakan secara efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab untuk siswa kelas tujuh di MTs Miftahul Ulum Kudus. Hal ini dikarenakan pengimplementasian model blended learning yang belum maksimal dan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Guru pengampu kurang memahami penggunaan model blended learning dengan baik, banyak siswa yang kurang memahami materi dengan baik saat belajar online ( daring) melalui grup whatsapp, kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak saat belajar online (daring) di rumah, beberapa siswa merasa canggung untuk bertanya kepada guru ketika mereka belum memahami materi dengan baik. Terlihat bahwa hasil koefisien determinasi R Square adalah 0,008 dan hal ini menunjukkan bahwa 0,8% nilai kemampuan membaca dipengaruhi oleh variabel X yang dibentuk oleh model blended learning. Diantaranya, 99,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMunajat, FuadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning,Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:31
Last Modified: 18 Apr 2023 04:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9778

Actions (login required)

View Item View Item