Aulia, Uswatun (2022) Fa'aliyah wasait sakrabil fii itqan almufradat lithulaab al shaf al hadi 'asyar fii madrasah al hidayah al tsanawiyah al islamiyah sanatan dirasiatan 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (454kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (558kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (496kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (324kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
Abstract
Latar belakang skripsi ini adalah kurangnya pengetahuan di bidang mufrodat dan dalam membuat kalimat yang sempurna. Dan pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa bosan dan pembelajaran kurang efektiv. Kemudian MA Alhidayah menggunakan media scrabble dalam pembelajaran mufrodat tahun ajaran 2022/2023. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas media scrabble dalam penguasaan mufrodat siswa kelas XI di MA Al Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitarif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sedangkan tektik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua langkah yaitu : Analisis data awal dan analisis data akhir. Adapun hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas XI MA Al Hidayah Tahun ajaran 2022/2023 memiliki perbedaan dari sebelum diberikannya tindakan atau treatmen dengan setelah diberikan tindakan. Sebelum diberikan tindakan rata-rata nilai siswa pada kelas kontrol yakni sebesar 64,631 dan kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 57,047. Sedangkan setelah diberikannya tindakan rata-rata kelas kontrol yakni sebesar 68 dan kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 62. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai p two-tailed sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai α = 0,05 (0,00 < 0,05) dan nilai t hitung sebesar 4,39 lebih besar dari t tabel 2,00 (4,39 < 2,00) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga media pembelajaran dengan media scrabble efektif untuk penguasaan mufrodat siswa kelas XI di MA Al Hidayah Tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media, Permainan Scrabble Arabic, Pembelajaran Mufrodat | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2023 08:12 | ||||||
Last Modified: | 27 Apr 2023 08:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9846 |
Actions (login required)
View Item |