Aliza, Afiza Nur (2023) فعالية تطبيق طريقة اللعبة التعليمية لزيادة مهارة الكتابة في تعلم اللغة العربية لدى الطلاب فى الصف السابع فى المدرسة المتوسطة الإسلامية مسالك الهدى تاهونان جفارا للسنة الدراسية 2021/2022 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (413kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (606kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (468kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (914kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (370kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis (Kitabah) siswa sebelum penggunaan pembelajaran bahasa Arab di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui keterampilan menulis (Kitabah) siswa sesudah penggunaan pembelajaran bahasa Arab di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2021/2022 dan untuk mengetahui keefetivitasan Penerapan Metode Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Masalikil Huda Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment Design untuk menghasilkan penjelasan tentang keefektivitasan metode permainan edukatif untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterampilan Menulis (Kitabah) siswa sebelum pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai pretest. Di Kelas kontrol, nilai pretest tertinggi yaitu 80 dan rata-ratan adalah 62,13 ini berarti bahwa keterampilan siswa terbilang “lemah”, di kelas eksperimen, nilai pretest tertinggi yaitu 80 dan rata-rata adalah 58,22 ini berarti bahwa keterampilan siswa juga terbilang “lemah”. (2) Keterampilan Menulis (Kitabah) siswa sesudah pembelajaran bisa diketahui dari hasil nilai posttest. Di kelas kontrol, nilai posttest tertinggi yaitu 80 dan rata-rata adalah 73 ini berarti bahwa keterampilan siswa terbilang “cukup”, dan di kelas eksperimen, nilai posttest tertinggi 90 dan rata-rata adalah 77,81 ini berarti bahwa keterampilan siswa terbilang “baik”. (3) Keterampilan Menulis (Kitabah) kelas eksperimen meningkat dan lebih besar daripada kelas kontrol bisa dilihat dari naiknya nilai rata-rata yang mulanya 58,22 meningkat menjadi 77,81. Adapun hasil uji T menunjukkan bahwa t hitung 9,642 dengan t tabel 2,080 maka t hitung > t tabel (9,642 > 2,080). Jadi, pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode permainan edukatif efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Permainan Edukatif, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Menulis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2023 04:09 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 04:09 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10301 |
Actions (login required)
View Item |