Efektivitas Metode Example Non Example dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Islam Fathul Qowim Wonokerto Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Janan, Miladia Zulfa (2023) Efektivitas Metode Example Non Example dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Islam Fathul Qowim Wonokerto Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
Cover-Pengantar.pdf

Download (867kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penguasaan kosakata sebelum menggunakan metode example non example, (2) untuk mengetahui penguasaan kosakata sesudah menggunakan metode example non example, (3) untuk mengetahui efektivitas metode example non example pada siswa kelas VII SMP Islam Fathul Qowim Wonokerto Pekalongan. Metode Example Non Example adalah metode yang menggunakan gambar sebagai sarana untuk menyampaikan materi oleh guru kepada siswa. Yang memungkinkan siswa berdiskusi secara kelompok dengan menganalisis gambar yang disediakan untuk mendapatkan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dan desain yang digunakan adalah Pre Experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan Uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui apakah ada efektivitas atau tidak dalam penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam Fathul Qowim Wonokerto Pekalongan. Dan hasil dari penelitian ini, penguasaan kosakata sebelum menggunakan metode example non example memperoleh nilai tertinggi sebesar 80 dengan ratarata 62,12. Dan penguasaan kosakata sesudah menggunakan metode example non example memperoleh nilai tertinggi sebesar 88 dengan rata-rata 76,25. Sedangkan pada pengukuran N-Gain memperoleh nilai 56,7% yang berarti keefektifannya cukup efektif. Sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode example non example cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam Fathul Qowim Wonokerto Pekalongan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Kosakata Bahasa Arab, Example Non Example
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:43
Last Modified: 23 Oct 2023 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11386

Actions (login required)

View Item View Item