تطبيق طريقة الإملاء الاختباري في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية إحياء العلوم باطي للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣ م.

Fahmi, Ahmad Yusron (2023) تطبيق طريقة الإملاء الاختباري في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية إحياء العلوم باطي للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (437kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (304kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (546kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (845kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ketrampilan menulis bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Pati tanpa menggunakan metode imla' ikhtibari. (2) untuk mengetahui ketrampilan menulis bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Pati dengan menggunakan metode imla' ikhtibari. (3) untuk mengetahui apakah ada dampak dengan menggunakan metode imla' ikhtibari pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Pati tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, jenis Eksperimen desain Pre-Eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Populasi penelitian ini yaitu satu kelas yang terdiri dari 35 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah salah satu kelas sebanyak 35 siswa, dari hasil penelitian dapat dilihat dari tes awal (Pre-test) dikelas X nilai rata-rata sebelum menerapkan metode Al-Imla’ Al-Ikhtibari dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X Madrasah Aliyah lhyaul Ulum Pati adalah 70,14. Sedangkan nilai rata-rata setelah tes (Post-test) dengan menerapkan metode Al-Imla’ Al-Ikhtibari dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X Madrasah Aliyah lhyaul Ulum Pati adalah 75,71. Hasil dari menggunakan metode pengujian untuk siswa ini dalam kondisi yang diketahui dari hasil tes, yaitu tt < to. 5% = 1,41>0,235, 1%= 1,41>0,306. Maka dalam hal ini peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Al-Imla’ Al-Ikhtibari di kelas X Madrasah Aliyah lhyaul Ulum Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNashir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, imla' ikhtibari, ketrampilan menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa Indonesia > Sistem Tulisan, Penulisan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:17
Last Modified: 31 Jul 2024 07:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item