Hasanudin, Nafis (2023) تأثير دوافع الطلاب على مهارة الكلام فى المدرسة المتوسطة الإسلامية مفتاح العلوم جفارا للسنة الدرسية 2022/2023م. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (495kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (458kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (699kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (981kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (750kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (827kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (534kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh motivasi peserta didik terhadap maharat Al Kalam di MTs Miftahul Ulum Jepara pada tahun 2022-2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey, menggunakan instrumen angket dan tes, Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa kelas VII MTs. Miftahul Ulum Sukosono Kedung Jepara TP. 2022/2023. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil dari angket mengenai motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 33 siswa motivasi siswa dengan kualifikasi tinggi dan terdapat 2 siswa dengan kualifikasi sedang hasil rata-rata skor keseluruhan siswa 76, 20 (Kualifikasi tinggi). Point tertinggi dari angket siswa sebesar 90 dan poin terendah dari hasil angket siswa sebesar 60. Hasil distribusi berdasarkan angket yang telah terkumpul bahwa terdapat sebanyak 2 siswa yang digunakan dalam penelitian mempunyai motivasi belajar dengan kualifikasi sedang (6 %), 33 siswa motivasi belajar dengan kualifikasi tinggi (94 %) . Hasil penilaian mengenai maharat al-Kalam siswa materi pelajaran bahasa arab pada kelas VII menunjukkan bahwa rata-rata maharat al-Kalam yang diperoleh ketika penelitian yaitu 84,71 (kategori Tinggi) dengan nilai tertinggi 100 (Sangat tinggi) dan nilai terendah 70 (sedang). Hasil presentase distribusi maharat al-Kalam yaitu sebanyak 35 siswa yang digunakan dalam penelitian tingkat maharat al-kalamnya tinggi dengan rata-rata nilai keseluruhan 84,71 dengan rincian sebanyak 3 siswa sebesar 9 % dengan kategori sedang, 12 siswa dengan kategori tinggi sebesar 34 %, dan 20 siswa kategori sangat tinggi sebesar 57 %. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang artinya bahwa dalam penelitian ini ada pengaruh motivasi belajar terhadap maharat al-kalam siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Sukosono Kedung Jepara TP.2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | motivasi siswa, dan maharat al-kalam. | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:40 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12262 |
Actions (login required)
View Item |