تطبيق تعليم القواعد النحوية لمهارة القراءة لدى الطلاب للصف العاشر بالمدرسة الثانوية سبيل العلوم مايونج لور جبارا العام الدراسي 2020-2019م

Chasan, Noor Achmad (2023) تطبيق تعليم القواعد النحوية لمهارة القراءة لدى الطلاب للصف العاشر بالمدرسة الثانوية سبيل العلوم مايونج لور جبارا العام الدراسي 2020-2019م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (508kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (646kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (669kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (720kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (487kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk satu mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kaidah Nahwu dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 10 Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Lor Jepara. Dua mengungkap bagaimana problematika penerapan pembelajaran kaidah Nahwu dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 10 Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Lor Jepara Tahun Ajaran 2019-2020 dan tiga solusi dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran kaidah Nahwu dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 10 Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Lor Jepara Tahun Ajaran 2019-2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) prosespenerapanpembelajaran tata bahasa Arab kelas 10 Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Lor Jepara dimana guru menyajikan soal dan latihan lisan, seperti pelafalan, tata kalimat, menjawab soal, atau menerjemahkan teks bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia Guru meninjau materi sebelumnya sebelum memulai materi baru, kemudian menyajikan latihan pada akhir pembelajaran bahasa Arab. (2) permasalahan yang dihadapi guru adalah ketidakmampuan siswa menerapkan kaidah dalam bacaan yang baik dan benar karena siswa kurang memahami kaidah dengan baik. Adapun permasalahan lain dalam penerapan kaidah tata bahasa ialah permasalahan linguistik dan non linguistik. (3) Solusi permasalahan penerapan pengajaran kaidah tata bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 10 di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Lor Jepara adalah memperbanyak latihan memahami teks bahasa Arab, mencari beberapa kalimat yang sulit di dalam kamus serta menghafal banyak kosakata umum yang banyak digunakan dalam buku-buku bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kaidah Nahwu, Kemampuan Membaca
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:15
Last Modified: 07 Nov 2024 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item