Rochayati, Rochayati (2023) . تحليل المشكلات غير اللغوية في تعليم اللغة العربية في الفصل الثامن في المدرسة المتوسطة كياهي كلوفو تلو طوبان للسنة الدراسية ٢٠٢٢–٢٠٢٣. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (434kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (626kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (679kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (743kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (744kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (845kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (655kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab merupakan proses pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk mengerti dan memahami empat keterampilan berbahasa, empat keterampilan berbahasa tersebut yakni, maharat istima', maharat kalam, maharat qira'ah, dan maharat kitabah secara seimbang. Pembelajaran bahasa Arab dengan berbagai karakteristiknya serta motivasi mempelajarinya dikalangan masyarakat non Arab, tentu saja mengalami banyak kendala dan problematika yang dihadapi karena bahasa Arab bukan bahasa yang mudah dipelajari. Problematika pembelajaran bahasa arab ada dua yaitu problematika linguistik dan problematika non linguistik. Problematika linguistik adalah permasalahan yang berkaitan dengan kebahasaan. Problematika non linguistik merupakan permasalahan dalam pembelajaran yang terkait dengan faktor luar kebahasaan yang turut mempengaruhi proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui proses dan problematika pembelajaran bahasa arab di kelas VIII MTs Kyai Kelopo Telu Tuban Tahun 2023, serta untuk mengetahui solusi yang diberikan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran bahasa arab di kelas VIII MTs Kyai Kelopo Telu Tuban Tahun 2023. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan pendekatan ini untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat problematika non linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Kyai Kelopo Telu Tuban Tahun 2023 diantaranya, kurangnya motivasi belajar peserta didik, terbatasnya sarana dan prasarana, faktor lingkungan sosial, dan latar belakang pendidikan peserta didik. Adapun solusi untuk problematika non linguistik tersebut adalah sebagai berikut: 1) memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat belajar bahasa arab dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. 2) memanfaatkan fasilitas yang ada dan pendidik akan mengupayakan melengkapi sarana dan prasarana. 3) membiasakan peserta didik berbicara bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. 4) peserta didik sebaiknya mengikuti kelompok belajar bahasa Arab, pendidik melakukan pengelompokan peserta didik dan memberikan pelajaran tambahan bagi peserta didik yang tertinggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | problematika non linguistik, pembelajaran bahasa arab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:51 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 03:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12498 |
Actions (login required)
View Item |